Longsor Putus Akses Jalan dan Rusak Dua Rumah di Hiliran Gumanti Solok

"Akibat longsor, akses jalan yang menghubungkan Nagari Talang Babungo menuju Nagari Sungai Abu, Kecamatan Giliran Gumanti Kabupaten Solok juga dilaporkan putus total"
1 unit Escavator diturunkan memindahkan material longsor (Ist)

SOLOK, KLIKPOSITIF -- Dihantam pohon tumbang, dua unit rumah masyarakat di kawasan Andaleh, Jorong Sariek Ateh, Nagari Sariek Alahan Tigo, Kecamatan Giliran Gumanti, Kabupaten Solok mengalami rusak berat, Selasa pagi (11/12).

Informasi yang dihimpun Klikpositif menyebutkan, dua rumah warga yang rusak dihantam pohon tumbang diketahui merupakan milik Mislaini (53) dan Edison (39).

Menurut Kapolsek Hiliran Gumanti, Iptu Iwan Ariadi, tumbangnya pohon pelindung jalan diakibatkan longsor tebing jalan dipicu curah hujan yang cukup tinggi sejak beberapa hari belakangan.

"Dua rumah rusak berat, beruntung tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut," ungkap Iptu Iwan Ariadi menjawab Klikpositif.

Akibat longsor, akses jalan yang menghubungkan Nagari Talang Babungo menuju Nagari Sungai Abu, Kecamatan Giliran Gumanti Kabupaten Solok juga dilaporkan putus total akibat ditutup material longsor sepanjang 50 meter.

Masyarakat terpaksa mengambil jalan alternatif untuk bisa sampai di Nagari Sungai Abu melalui Jorong Lurah Gadang dan tembus di simpang jalan baru Nagari Sariek Alahan Tigo.

Petugas dan masyarakat dibantu pihak PT Supraco Mitra Energi sudah mendatangkan I (Satu) Unit Escavator PC 200 guna untuk membersihkan Tanah dan pohon yang menutupi badan jalan.

Hingga berita ini diturunkan, petugas masih bekerja membersihkan material longsor dan pohon tumbang, sampai sore tadi, sekitar pukul 15.00 Wib, kendaraan roda dua sudah bisa lewat.

Diperkirakan, akses jalan yang menghubungkan dua nagari di Kecamatan Hiliran Gumanti itu akan kembali normal jelang malam nanti.

(Syafriadi Puma)