Akses Jalan Mulai Terbuka di Sitinjau, TRC Semen Padang Turunkan Alat Berat dan Mobil Pemadam

Tim TRC PT Semen Padang turunkan personel dan alat berat bersihkan longsor di Sitinjau
Tim TRC PT Semen Padang turunkan personel dan alat berat bersihkan longsor di Sitinjau (BPBD)

KLIKPOSITIF -- Akses jalan yang tertimbun material longsor di Sitinjau, penghubung Padang dengan Provinsi Jambi yang terputus sejak Rabu malam sekitar 02.30 WIB, mulai bisa dilalui.

Hal itu diakui oleh Koordinator TRC PT Semen Padang Kiki Warlansyah pada KLIKPOSITIF , Rabu (12/12). Ia mengatakan, akses jalan mulai terbuka namun baru satu jalur yakni dari arah Solok.

baca juga: Arsul Sani: Polri Harus Hati-Hati dalam Upaya Paksa Penindakan Non Jatras

"Untuk akses jalan sudah mulai bisa dilalui tapi belum normal, kendaraan yang bisa lewar adalah yang dari arah Solok untuk mengurai kemacetan, setalah sebagian material diangkat, namun kawasan itu masih rawan sebab itu harus hati-hati," kata Kiki.

Ia menambahkan, sementara kendaraan dari arah Padang menuju Solok belum bisa lewat, dan diperkirakan baru bisa sistem buka tutup mulai pukul 10.30 WIB, sebab petugas masih melakukan pembersihan material longsor .

baca juga: Gede Widiade Ungkap Wacana Pembentukan Operator Baru Liga 2

"Kita bersama BPBD hanya berani membersihkan sebagian jalur, takut nanti ada longsor lagi kalau bagian lain dibersihakn," tegas Kiki.

Dengan terbukanya jalan tersebut, jemaah umrah yang sempat tertahan akibat longsor didaerah itu, akhirnya dapat melanjutkan perjalanan dengan dikawal kendaraan pihak kepolisian.

baca juga: Legislator Kritik Syarat Pengajuan Calon Kepala Daerah pada Draft RUU Pemilu

Sehubungan dengan itu, dalam penanggulangan bencana tersebut, TRC Semen Padang menurunkan tiga alat berat, dan satu mobil pemadam kebakaran untuk membersihkan sisa material di jalan agar tidak licin saat pengendara melalui jalur tersebut. (*)

Penulis: Eko Fajri