Longsor Sitinjau Lauik Sebabkan Kemacetan Hingga 10 KM

"Ada sekitar 10 kilometer panjang macet. Saya di sini sudah ada satu jam terjebak macdt. Saya rencananya mau je Solok,"

PADANG, KLIKPOSITIF - Kemacetan di Jalan lintas Padang-Solok pasca-longsor yang terjadi pada Rabu, 12 Desember 2018 dinihari di Sitinjau Lauik semakin parah. Bahkan, panjang kemacetan sudah mencapai radius 10 kilometer.

"Ada sekitar 10 kilometer panjang macet. Saya di sini sudah ada satu jam terjebak macet. Saya rencananya mau ke Solok," kata Komisioner KPU Kabupaten Solok, Defil yang ditemui di Simpang Cubadak, Indarung.

Longsor di Sitinjau Lauik terjadi sekitar pukul 03.00 WIB dinihari akibat tingginya curah hujan yang terjadi sejak Selasa sore hingga Rabu dinihari. Material longsor setinggi lebih kurang 2 meter menutup badan jalan lintas Padang-Solok.

Bahkan akibat longsor tersebut, sejumlah rombongan jamaah Umrah yang datang dari arah Solok, juga terjebak macet, sehingga rombongan tersebut harus berjalan kaki sepanjang lebih kurang 500 meter.

Humas BPBD Kota Padang Hariza Riko mengatakan bahwa saat ini alat berat masih membersihkan material longsor yang meninbun badan jalan, dan ditargetkan sebelum dalat Zuhur jalan Padang-Solok sudah bisa dilewati.

"Saat ini alat berat masih bekerja membersihkan material longsor yang menimbun badan jalan. Mudah-mudahan secepatnya selesai, sehingga jalan Padang-Solok bisa dilewati kendaraan," katanya.(*)