Waspada, Ini Jumlah Titik Rawan Longsor di Jalur Padang-Solok

Tim TRC PT Semen Padang turunkan personel dan alat berat bersihkan longsor di Sitinjau
Tim TRC PT Semen Padang turunkan personel dan alat berat bersihkan longsor di Sitinjau (Ist)

KLIKPOSITIF -- Akses jalan lintas Sumatera yang menghubungkan Padang dengan Provinsi Jambi terputus akibat tanah longsor di panorama dua Sutinjau Laut, Rabu malam (12/12) sekitar 02.30 WIB.

Meski sudah mulai bisa dilalui kendaraan, masyarakat tetap harus waspda untuk melewati jalur tersebut, sebab selain lokasi longsor saat ini, ada beberapa titik rawan longsor lainnya yang terpantau, apalagi saat musim hujan saat ini potensi longsor seperti yang terjadi hari ini dapat juga terjadi di sejumlah titik lainnya.

baca juga: Masjid di Tanah Datar Mulai Laksanakan Salat Jumat

Berdasarkan pantauan TRC Sempadang yang fokus dalam kebencanaan, setidaknya ada sembilan titik longsor di jalur Solok - Padang .

"Kami sebelum terjadinya longsor ini telah melakukan pemantauan di jalur Padang - Solok , mengingat tingginya curah hujan belakangan. Dari pantauan kami setidaknya ada sembilan titik longsor di sepanjang jalur itu, terutama kawasan Sitinjau," kata Koordinator TRC Semen Padang , Kiki Warlansyah, pada KLIKPOSITIF , Rabu (12/12).

baca juga: Positif Covid-19, BM Sempat Mengikuti Rapat di Kantor Bupati dan DPRD Solsel

Ia menambahkan, sebab itu pengendara yang lewat jalur ini mesti waspada, dan berharap juga pihak terkait untuk dapat menyiagakan alat berat di sekitar jalur ini.

Sembilan titik longsor yang terpantau tersebut menurut TRC Semen Padang , potensinya longsornya cukup tinggi jika terjadi hujan, sebab itu hal ini juga perlu di sosialisasikan pada masyarakat. (*)

baca juga: Setelah Diambil Sampel Swab ASN Solsel Dilarang Keluar Rumah

Penulis: Eko Fajri