Pengamat: Jembatan di Jalan Nasional Padang-Bukittinggi Ambruk, Urat Nadi Perekonomian Terganggu

"Karena jembatan ini merupakan infrastruktur transportasi penting dalam pelayanan jasa yang dibutuhkan masyarakat setiap hari"
kondisi jalan ambruk di Korong Pasa Usang, Nagari Kayu Tanam, Kabupaten Padang Pariaman, Sumbar (Ist)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Pengamat Sosial Unand, Aidinil Zetra menuturkan, ambruknya jembatan Kayu Tanam tentu berdampak terhadap kehidupan ekonomi sosial masyarakat.

Menurutnya, kebutuhan transportasi merupakan kebutuhan turunan (derived demand) akibat aktivitas ekonomi, sosial, dan sebagainya.

"Sangat berdampak, karena jembatan ini adalah urat nadi perekonomian, apalagi jembatan ini tidak hanya penghubung antar daerah di Sumbar tapi juga penghubung antar provinsi. Sehingga dengan terputusnya jembatan ini tentu distribusi barang dan jasa yang selama ini sangat mengandalkan jalur lalulintas menjadi sangat terganggu," jelasnya.
Dampak yang pasti lainnya, kata Aidinil adalah waktu dan biaya distribusi barang meningkat yang mengakibatkan hargapun naik. Selain itu, mobilitas masyarakat yang selama ini setiap hari melewati jalur ini juga terganggu.

"Karena jembatan ini merupakan infrastruktur transportasi penting dalam pelayanan jasa yang dibutuhkan masyarakat setiap hari," katanya.

"Banyak orang yang tidak bisa bekerja. Barang-barang tidak akan bisa didistribusikan, perekonomian akan macet. Pendek kata sarana transportasi ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat, khususnya di Sumbar," sambungnya.

Oleh sebab itu, tentu masyarakat berharap agar pemerintah responsif dalam menyelesaikan masalah ini.

"Ekonomi masyarakat di sepanjang jalan yang tidak bisa dilewati mobil juga terganggu. Rumah makan yang sebelumnya bisa mendapatkan omset Rp15 juta sehari sekarang turun drastis menjadi kurang dari Rp5 juta. Banyak sekali rumah makan restoran, kedai kedai makanan, toko-toko yang tidak ada jual beli akibat sepinya kendaraan lewat," pungkas Aidinil Zetra yang juga menjabat sebagai Wakil Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Andalas (Unand) ini.

Sebelumnya, Jembatan Batang Kalu di Korong Pasa Usang, Nagari Kayu Tanam, Kabupaten Padang Pariaman, Sumbar, ambruk pada Senin 11 Desember ... Baca halaman selanjutnya