Tak Kantongi Izin, Lima Cafe Hiburan Malam Disegel Tim SK4 Kota Solok

"Meski sempat bersitegang dengan sejumlah pemilik cafe, namun tim SK-4 tetap melakukan penyegelan sementara hingga cafe hiburan malam mengantongi izin dan tidak melanggar Perda Pekat."
Petugas Tim SK 4 memasang Gembok penyegelan. (Ist)

SOLOK, KLIKPOSITIF -- Tim Gabungan Satuan Koordinasi Kemanan dan Ketertiban Kota (SK-4) Pemerintah Kota Solok melakukan penyegelan terhadap sejumlah cafe hiburan malam yang beroperasi di Kota Beras Serambi Madinah, Rabu malam (12/12).

Tim gabungan yang terdiri dari TNI-Polri, Satpol PP, Denpom, LKAAM, Bundo Kandung serta MUI Kota Solok melakukan penyegelan dengan memasang gembok dan rantai serta menempel stiker tanda penyegelan.

Meski sempat bersitegang dengan sejumlah pemilik cafe, namun tim SK-4 tetap melakukan penyegelan sementara hingga cafe hiburan malam mengantongi izin dan tidak melanggar Perda Pekat.

Menurut Kepala Satuan Polisi Pamong Praja dan Damkar Kota Solok, Bujang Putra, penyegelan sementara terhadap sedikitnya lima hiburan malam di kawasan By pas dan Air mati itu dilakukan lantaran tidak mengantongi izin operasional.

"Aktivitas cafe juga dinilai melanggar Perda Kota Solok Nomor 8 tahun 2016 tentang pencegahan dan pemberantasan penyakit masyarakat serta Peraturan Walikota Nomor 9 tahun 2011 tentang hiburan," sebut Bujang Putra.

Dijekaskannya, ketegasan petugas dalam bentuk penyegelan juga dilakukan lantaran banyaknya masyarakat yang merasa resah dan kurang nyaman dengan aktivitas hiburan malam.

"Dari laporan masyarakat, keberadaan cafe sudah sangat meresahkan dan menggangu," ujar Bujang Putra.

Penyegelan tersebut sifatnya masih sementara waktu hingga pemilik cafe melengkapi perizinan operasional di Dinas Penanaman modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) dan mematuhi aturan yang berlaku.

Informasi yang berhasil dihimpun Klikpositif, setidaknya ada 14 Cafe hiburan malam yang aktif beroperasi di Kota Solok. delapan diantaranya sudah memiliki izin sementara 6 masih belum mengantongi izin dan tidak sesuai ketentuan aturan Perda Pekat.

"Jadi, tadi malam yang kita segel baru lima cafe dan satu terpaksa ditunda lantaran terhalang pagar pembatas," sebut Bujang ... Baca halaman selanjutnya