Waspada, BMKG Prediksi Hujan Akan Terus Terjadi Hingga Akhir Tahun di Sumbar

"Untuk waktunya itu tergantung karakteristik wilayah atau topografinya, untuk daerah di pesisir barat Sumbar seperti Padang, Pessel dan Pariaman potensi hujan terjadi pada menjelang malam hingga dini hari, sedangkan di daerah Padang Panjang, Bukittinggi, Agam dan Limapuluh Kota hujan bisa lebih cepat"
Ilustrasi (Net)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Badan Metereologi, Krimatologi dan Geofisika (BMKG) Sumbar memprediksi hingga akhir tahun cuaca di Sumatera Barat akan tetap hujan dari intensitas sedang hingga deras.

"Untuk bulan Desember diprediksi curah hujan masih tinggi untuk di Sumatera Barat, terutama di wilayah Padang Panjang, Padang Pariaman, Agam, Pariaman, Padang, Limapuluh Kota, Pesisir Selatan dan sekitarnya," ujar Kasi Observasi dan Informasi BMKG Sumbar, Yudha Nugraha, Kamis 13 Desember 2018.

Tidak hanya itu, cuaca ekstrim diprediksi akan terjadi hingga bulan Januari tahun depan. "Hingga akhir bulan Desember sampai Januari masih ada potensi terjadinya cuaca ekstrem terutama di wilayah yg disebutkan tadi," lanjutnya.

Menurutnya, untuk Kota Padang, Pariaman dan Pesisir Selatan kemungkinan terjadi sejak sore hingga dini hari.

"Untuk waktunya itu tergantung karakteristik wilayah atau topografinya, untuk daerah di pesisir barat Sumbar seperti Padang, Pessel dan Pariaman potensi hujan terjadi pada menjelang malam hingga dini hari, sedangkan di daerah Padang Panjang, Bukittinggi, Agam dan Limapuluh Kota hujan bisa lebih cepat terjadi," lanjutnya.

Menurutnya, hal tersebut dinamakan Sunmon yang berarti adanya pertemuan massa udara dari Asia dengan Australia.

"Hal itulah yang mengakibatkan percepatan pertumbuhan awan dengan potensi hujan yang terjadi dan kejadian ini tidak hanya di Sumbar saja, tapi juga di Jawa, Bali, NTB dan Kalimantan," sambungnya.

Oleh karena itu, ia mengimbau masyarakat Sumbar agar tetap mewaspadai titik-titik rawan longsor dan banjir.

"Begitu juga dengan jalur transportasi yang rawan longsor atau banjir, apabila hujan berlangsung cukup lama, perlu menjadi perhatian terhadap terjadinya bencana," imbaunya. [Halbert Caniago]