Turunkan Alat Berat, TRC Semen Padang: Pembersihan Longsor Jalur Padang-Solok Hampir Selesai

Tim Reaksi Cepat (TRC) Semen Padang mulai bersihkan material longsor yang ada di kawasan Sitinjau Lauik Jumat pagi, 14 Desember 2018.
Tim Reaksi Cepat (TRC) Semen Padang mulai bersihkan material longsor yang ada di kawasan Sitinjau Lauik Jumat pagi, 14 Desember 2018. (Ist)

PADANG, KLIKPOSITIF - Tim Reaksi Cepat ( TRC ) Semen Padang mulai bersihkan material longsor yang ada di kawasan Sitinjau Lauik Jumat pagi, 14 Desember 2018.

Koordinator TRC Semen Padang Kiki Warlansyah mengatakan pembersihan telah dimulai sejak pukul 08.00 Wib dengan menurunkan 15 personil.

baca juga: Sempat Dirawat di SPH, Dua Pasien Lansia Positif COVID-19 Berhasil Sembuh

"Kita mulai dengan pembersihan pohon kayu yang tumbang. Karena cukup banyak pohon yang tumbang dan menutupi akses jalan. Setelah itu kita akan bersihkan dengan loader material tanah yang menutupi jalan, setelah itu kita siram dengan air dari mobil pemadam kebakaran Semen Padang" katanya saat dihubungi via telepon.

Ia mengatakan saat ini pembersihan pohon tinggal sepuluh persen lagi. "Setelah ini kita akan memastikan dulu soal mobil sedan yang terhimpit mobil tangki. Karena menurut informasi masih ada satu mobil yang terhimpit. Jadi kita akan pastikan lagi," tuturnya.

baca juga: SPH Kini Jadi Salah Satu RS Rujukan Pasien yang Mampu Tampung Pasien COVID-19

Kiki memperkirakan jalan akan mulai lancar sekitar dua jam lagi (Pukul 11.00 Wib). "Nantinya akses jalan juga akan memberlakukan sistem buka tutup. Namun untuk tahap awal, kita akan membuka jalan dari arah Solok karena antrian yang sudah cukup panjang," katanya.

Saat ini, TRC Semen Padang berkoordinasi dengan Basarnas, BPBD, kepolisian, TNI, dan KSB Lubuk Kilangan.

baca juga: Bantu Atasi COVID-19, Semen Padang Berpartisipasi Aktif di Satgas Bencana Nasional BUMN Sumbar

Seperti diberitakan, Jalan lintas Padang-Solok, tepatnya di kawasan Panorama 2, Sitinjau Lauik, Kota Padang, kembali dilanda bencana longsor, Kamis, 13 Desember 2018 malam.

Bahkan material longsor yang menimbun badan jalan Nasional itu, juga menyebabkan satu unit bus Family Raya dan truk tanky, masuk ke jurang sedalam lebih kurang 10 meter.

baca juga: Solusi Bangun Andalas Berikan Bantuan Minuman Multivitamin untuk Tenaga Medis di RSU Zainoel Abidin

Dalam hal ini, Tim TRC Semen Padang telah turun sejak semalam sebanyak 15 personil. Selain itu, Semen Padang juga menurunkan satu alat berat untuk membersihkan material longsor.

Penulis: Fitria Marlina