BPBD Sumbar: Satu Minggu Terakhir Berbagai Bencana Terjadi di Sumbar

"Untuk penanganan longsor Panorama Dua sedang berlangsung dan insyaallah siang ini bisa dilewati. Ini sudah kedua kalinya di Panorama Dua longsor"
Ilustrasi (KLIKPOSITIF)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Data yang dihimpun Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Sumatera Barat (BPBD Sumbar), dalam minggu ini terjadi tujuh kali longsor di Sumbar pada lokasi yang berbeda. Salah satunya longsor yang terjadi tadi malam di Panorama Dua Sitinjau Lauik, Kota Padang menuju Solok, dan mengakibatkan satu korban jiwa.

"Longsor terbaru di Panorama menyebabkan satu orang meninggal dunia," kata Kepala BPBD Sumbar Erman Rahman saat dihubungi KLIKPOSITIF, Jumat, 14 Desember 2018 di Padang.

Dia menjelaskan, ada beberapa kejadian yang besar dalam minggu ini seperti amblasnya jembatan di Kayu Tanam yang menyebabkan akses Padang Bukittinggi dan beberapa daerah terganggu. Sehingga pemerintah harus menyiapkan jembatan darurat dan jalur alternatif. Kemudian terjadi banjir di Padang Pariaman dan Longsor di Panorama Dua Sitinjau Lauik.

"Untuk penanganan longsor Panorama Dua sedang berlangsung dan insyaallah siang ini bisa dilewati. Ini sudah kedua kalinya di Panorama Dua longsor," ujarnya.

Dirinci Rahman, bencana banjir hanya terjadi di daerah Padang Pariaman saja, sedangkan longsor terjadi di kawasan Palupuah, Malalak, dan Sitinjau Lauik.

Menurut Rahman, petugas BPBD Sumbar dan kabupaten dan kota terus bersiaga untuk mengantisipasi jika sewaktu-waktu terjadi bencana.

Dihubungi terpisah, Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit menegaskan, menjelang akhir dan awal tahun baru semua petugas dari BPBD, Dinas Pekerjaan Umum, Dinas Perhubungan bersiaga. Supaya, jika ada bencana bisa langsung turun dan cepat diatasi.

"Saya dan pak gubernur sudah minta mereka siaga menghadapi akhir dan awal tahun," kata Nasrul. (Joni Abdul Kasir)