Pemkab Pesisir Selatan akan Bangun Ulang Tanggul Sungai yang Jebol di Tapan

"Tanggul yang akan dibangun tersebut adalah tipe tanggul permanen"
Tanggul sungai yang jebol di Tapan (Istimewa)

PESSEL, KLIKPOSITIF -- Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan akan membangun ulang tanggul sungai yang jebol di Nagari Binjai Tapan, Kecamatan Ranah Ampek Hulu (Rahul) Tapan.

Kepala PSDA Pesisir Selatan, Doni Gusrizal mengatakan, tanggul yang akan dibangun tersebut adalah tipe tanggul permanen untuk mengantisipasi luapan air sungai ke pemukiman warga.

"Tanggul yang jebol ini akan segera dibangunkan bronjong. Dan Satker PSDA Provinsi sudah meninjau, dan semoga secepatnya ditangani," katanya, Jumat 14 Desember 2018.

Tanggul permanen ini, sebut dia berbeda dengan tanggul yang jebol sebelumnya. Kendati begitu, ia meminta masyarakat untuk bersabar.

"Jadi perlu segera dipermanenkan, dan itu akan dibangun melalui anggaran tanggap darurat dari provinsi. Saat ini tim Satker PSDA provinsi sudah mengunkur, kemungkinan dalam waktu cepat ini akan dikerjakan," sebut Doni.

Terkait proses, ia mengungkapkan saat ini pihaknya tengah menyiapkan proses administrasi pembangunannya dari pemerintah Provinsi Sumatera Barat.

"Kami minta masyarakat bersabar dan berwaspada sampai proses dilaksanakan," pungkasnya.

Sebelumnya diketahui tanggul darurat Sungai Tapan di Nagari Binjai Tapan, Kecamatan Ranah Ampek Hulu (Rahul) Tapan jebol, Jumat 14 Desember 2018 pagi.

Akibatnya ratusan rumah warga di Tapan dilanda banjir akibat luapan sungai tersebut.

[Kiki Julnasri Priatama]