Sidang Paripurna, DPRD Sumbar Bahas Ranperda Hari Jadi Sumatera Barat

"Ranperda itu merupakan inisiatif DPRD Sumbar sebagai bentuk nyata dukungan DPRD untuk menumbuhkebambangkan rasa memiliki dan kecintaan pada daerah"
Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumatera Barat (Sumbar) mengajukan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang Hari Jadi Sumatera Barat dalam kegiatan sidang paripurna yang dilaksanakan pada Jumat (14/12). (KLIKPOSITIF)

PADANG, KLIKPOSITIF - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumatera Barat (Sumbar) mengajukan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang Hari Jadi Sumatera Barat dalam kegiatan sidang paripurna yang dilaksanakan pada Jumat (14/12). Ranperda itu merupakan inisiatif DPRD Sumbar sebagai bentuk nyata dukungan DPRD untuk menumbuhkebambangkan rasa memiliki dan kecintaan pada daerah serta utuk meningkatkan semangat membangun bersama daerah.

Pada kesempatan itu, Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Barat Alwis menyampaikan tanggapan Gubernur terhadap Ranperda tentang Hari Jadi Provinsi bahwa hal itu pada dasarnya adalah pengakuan terhadap awal kelangsungan, perkembangan, perubahan ketatanegaraan dan penghargaan kepada pelaku pemerintahan daerah.

"Secara hukum, penetapan hari jadi suatu daerah ditandai dengan adanya aturan tentang pembentukan, kedudukan, wilayah pemerintahan, pusat pemerintahan, penyelenggara pemerintahan dan urusan pemerintahan, sebagai tanda dimulainya penyelenggaraan pemerintah daerah," ujar Alwis menyampaikan tanggapan Gubernur Sumbar terhadap Ranperda itu di hadapan peserta rapat Paripurna.

Ia mengungkapkan bahwa Gubernur Sumbar mengapresiasi anggota DPRD yang telah mengajukan Ranperda tentang Hari Jadi Provinsi Sumatera Barat dengan tujuan yakni pengakuan terhadap eksistensi Provinsi Sumbar dalam perkembangan kehidupan berbangsa dan bernegara.

Selain itu, dengan ditetapkannya Hari Jadi Provinsi Sumbar ini diharapkan sebagai sarana menumbuhkembangkan rasa persatuan dan kesatuan serta kebanggaan kepada daerah dan mendorong semangat memiliki juga membangun keterikatan batin seluruh komponen masyarakat, dunia usaha dan pemerintah daerah.

"Dalam menetapkan hari jadi daerah, dapat dilakukan dengan berbagai cara, diantaranya dengan menelusuri momentum penting dalam perjalananan sejarah daerah yang kemudian dipilih dan ditetapkan sebagai hari jadi daerah. Dengan demikian, penetapan hari jadi suatu ... Baca halaman selanjutnya