Pemkab Pasaman Barat dapat Bantuan Alat EWS dari Kemendes

"Pemberian alat EWS ini merupakan salah satu bentuk tanggung jawab pemerintah dalam mitigasi bencana"
Alat EWS bantuan dari Kemendes PDTT (Istimewa)

PASAMAN BARAT, KLIKPOSITIF -- Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat mendapatkan bantuan alat Early Warning System (EWS) dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT), Sabtu 15 Desember 2018.

Penyerahan bantuan alat peringatan dini potensi bencana ini diberikan secara simbolis oleh Direktur Jendral PDTU Kemendes, Aisyah ke pejabat desa Nagari Aia Gadang.

"Alat ini bisa memberikan informasi ancaman bencana pada masyarakat sebelum bencana itu terjadi," kata Aisyah. Dengan alat itu, sebut dia, masyarakat bisa lebih waspada.

Menurut dia, pemberian alat EWS ini merupakan salah satu bentuk tanggung jawab pemerintah dalam mitigasi bencana.

"Sebagai pemerintah tentu kita akan memberikan pelayanan secara maksimal kepada masyarakat terkait dengan bencana, baik sebelum bencana maupun saat pasca bencana," ungkapnya.

Hal itu kemudian dibenarkan oleh Asisten Pemerintahan Pemkab Pasbar, Edy Murdani. Ia menyebut, alat ini bisa meningkatkan kesiapsiagaan masyarakat saat terjadi bencana.

Sebab, menurut dia, bencana juga menjadi sebuah tolak ukur pembangunan bagi pemerintah, yakni menyangkut kemampuan suatu daerah bangkit kembali pasca bencana.

"Kemampuan untuk memulihkan diri tentunya bukanlah pekerjaan sesaat. Sebab, diperlukam kerjasama, koordinasi pengendalian dan juga dalam perencanaan," pungkasnya kemudian.

[Irfan Pasaribu]