KPU Sijunjung Pastikan Logistik Pemilu dari Kardus Aman

"Di dalam bahan kardus tersebut, terdapat bahan duplek yang kedap air"
KPU Sijunjung saat melalukan sosialisasi dan koordinasi jelang Pemilu. (KLIKPOSITIF/Muhammad Haikal)

SIJUNJUNG, KLIKPOSITIF -- Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sijunjung, Lindo Karsyah menegaskan, bahwa logistik kotak suara dan bilik suara untuk Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 yang terbuat dari kardus aman untuk digunakan.

"Di dalam bahan kardus tersebut, terdapat bahan duplek yang kedap air, sehingga aman, tidak benar apa yang beredar di media sosial yang viral itu," katanya saat Sosialisasi dan Rapat Koordinasi Tahapan Logistik Dengan Pemangku Kepentingan di Lingkungan KPU Kabupaten Sijunjung, Minggu 16 Desember 2018.

Ditambahkan Lindo, daya tahan impit dari bahan kardus tersebut juga cukup kuat. "Daya tahan impitnya mencapai 100 kilogram, kemudian akan dibungkus dengan plastik. Sehingga diharapkan masyarakat tidak perlu khawatir lagi dengan isu yang beredar akhir-akhir ini," tambahnya.

Lindo menyebutkan, logistik kotak suara dan bilik suara sudah berada di KPU Kabupaten Sijunjung. "Terdapat 3580 kotak suara seluruhnya dari bahan kardus, kemudian 2884 bilik suara dengan 704 diantaranya dari kardus sementara sisanya dari bahan aluminium," ujarnya.

Sementara itu, untuk surat suara harus sampai 1 bulan sebelum hari pemungutan, kemudian dilakukan pengepakan dan 3 hari sebelum hari pemungutan surat suara, bilik suara dan kotak suara harus didistribusikan.

Diketahui, dari hasil rekapitulasi daftar pemilih tetap hasil perbaikan 2 (DPTHP-2) jumlah pemilih di Kabupaten Sijunjung berjumlah 156.361 dengan rincian, 77.751 laki-laki dan 78.620 perempuan yang telah ditetapkan pada 10 Desember 2018 lalu.

[Muhammad Haikal]