Pengerjaan Jembatan Lubuk Gadang Mandek, DPRD Sumbar Desak PUPR Sidak

"Jembatan dengan taya tampung beban lima ton itu telah melewati masa kontrak kerja"
Jembatan Lubuk Gadang, Palembayan, Agam. (KLIKPOSITIF/Khadijah)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Wakil Ketua Dewan Perwakilan Daerah Provinsi (DPRD) Sumatera Barat (Sumbar), Guspardi Gaus mendesak Dinas PUPR Sumbar untuk meninjau pengerjaan jembatan yang terletak di Nagari Lubuk Gadang, Kecamatan Palembayan, Agam.

Jembatan dengan taya tampung beban lima ton itu telah melewati masa kontrak kerja, padahal pengerjaan jembatan tersebut masih belum selesai.

Pengerjaan jembatan itu ditargetkan selesai dalam waktu 210 hari, namun pihak kontraktor yang mengerjakan jembatan tersebut tidak bisa menyelesaikan pengerjaan sesuai dengan waktu yang ditentukan.

Disebut politisi dari PAN ini, pembangunan jembatan itu dikerjakan dengan menggunakan APBD Provinsi tahun 2018 dengan anggaran Rp4,8 Miliar.

"Saya meminta kepada Dinas PUPR Sumbar untuk dapat melakukan peninjauan terhadap pengerjaan jembatan di Nagari Lubuk Gadang ini. Tolong cari tahu apa penyebab dari terbengkalainya proses pengerjaan jembatan ini," ujarnya kepada KLIKPOSITIF.

Saat pantauan oleh KLIKPOSITIF di lokasi pembangunan jembatan, hanya tampak beberapa pekerja saja yang ada di lokasi dan tidak tampak aktivitas pengerjaan jembatan tersebut pada saat itu.

Jembatan tersebut memang dibutuhkan oleh masyarakat sekitar untuk akses dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Selain itu, jembatan tersebut juga digunakan sebagai jalur transportasi masyarakat Lubuk Gadang guna menunjang kehidupan mereka.

"Jadi jangan sampai pembangunan jembatan ini mengganggu ekonomi masyarakat," jelasnya kemudian.

Sementara itu, pihak konsultan pengawas pengerjaan Jembatan Lubuk Gadang, Muhammad Yusuf mengungkapkan, pengerjaan jembatan itu telah dimulai sejak 19 April 2018 dan di dalam kontrak disampaikan bahwa pengerjaannya harusnya selesai pada 19 November 2018.

"Proses pengerjaan jembatan ini seharusnya sudah selesai dan dapat dinikmati oleh masyarakat sekitar saat ini. Namun seperti yang dapat dilihat, proses pengerjaannya ... Baca halaman selanjutnya