Tindak Pedagang Nakal, Pemkab Tanah Datar Bentuk Tim TK4

"Tim TK4 terdiri dari sejumlah pejabat daerah yang bertugas sesuai jalur koordinasi dan tupoksi kerja"
Pembentukan Tim TK4 Tanah Datar (Istimewa)

TANAH DATAR, KLIKPOSITIF -- Pemerintah Kabupaten Tanah Datar membentuk Tim Terpadu Keamanan, kebersihan, Ketertiban, dan Keindahan (TK4) Pasar Batusangkar untuk menertibkan pedagang dan meningkatkan keamanan dan kebersihan pasar.

"Kita berharap tim ini dapat bekerja maksimal sehingga mampu mewujudkan pasar yang aman, bersih, tertib, dan indah," kata Kapolres Tanah Datar AKBP Bayuaji Yudha Prajas saat mengukuhkan Tim TK4 di Pasar Batusangkar, Senin 17 Desember 2018.

Ia menyebut Tim TK4 terdiri dari sejumlah pejabat daerah yang bertugas sesuai jalur koordinasi dan tupoksi kerja.

Pejabat daerah tersebut adalah, sebagai pengarah Bupati Tanah Datar, Wakil Pengarah Wabup, Kapolres, Dandim, dan Kajari.

Kemudian untuk penanggung jawab Sekda, Ketua Kepala Dinas Koperindag Marwan, Sekretaris Kepala UPT Pengelolaan Pasar Syafril dan anggota berasal dari instansi Polisi Pamong Praja, Dinas Perhubungan, Dinas Koperindag, Polri, TNI , Kejaksaan, Kecamatan dan Nagari.

"Tim TK4 ini tertuang dalam Keputusan Bupati Tanah Datar Nomor 511/522/Koperindag-2018 tanggal 7 Desember 2018," tutur Bayu.

Sementara itu Ketua Tim TK4, Marwan mengatakan pihaknya akan melakukan sosialisasi kepada masyarakat khususnya para pedagang pasar sebelum melakukan penertiban.

"Sasaran penertiban adalah para pedagang, pemilik kios, termasuk parkir liar di sekitar Pasar Batusangkar," sebut dia.

Marwan menyampaikan akan melakukan penindakan dan penagihan terhadap penyewa kios yang tidak membayar sewa sampai sekarang kepada Pemda.

"Dalam catatan kita ada pedagang yang menunggak selama 10 tahun bahkan sampai 20 tahun," tuturnya.

Marwan menegaskan pihaknya akan mengambil paksa bagi pemilik kios yang nakal selama ini. Jangan salahkan pemerintah daerah senentara kewajiban mereka tidak pernah dibayarkan.

[Irfan Taufik]