Masalah Galian C, Warga Pasbar Ramai-ramai Datangi Mapolsek Gunung Tuleh

"Penambangan Galian C ini sudah dilakukan sekitar sebulan, bahkan dilakukan dari pagi hingga malam"
Masyarakat kerumuni Mapolsek Gunung Tuleh (KLIKPOSITIF/Irfansyah Pasaribu)

PASAMAN BARAT, KLIKPOSITIF -- Sekitar seratusan warga Nagari Muara Kiawai datangi Mapolsek Gunung Tuleh, Kabupaten Pasaman Barat-Sumbar, Senin 17 Desember 2018.

Mereka menuntut agar penambangan galian C yang menggunakan alat berat segera dihentikan dan dikeluarkan dari aliran sungai. Selain itu, mereka meminta pihak kepolisian agar menindak tegas setiap pelanggaran perusakan lingkungan yang dilakukan oleh penambang.

"Kami meminta kepolisian bertindak tegas para penambang, atas setiap pelanggaran yang sudah merusak lingkungan di Kecamatan Gunung Tuleh, khususnya Nagari Muara Kiawai," ujar Koordinator Lapangan, Ifni Harun kepada KLIKPOSITIF.

Kata dia, penambangan yang menggunakan alat berat itu sudah sangat meresahkan. Air sungai pun tidak pernah jernih lagi. Parahnya kebun masyarakat di sepanjang aliran sungai banyak yang rusak terkikis air sungai. Menurut Ifni, ada sekitar sepanjang 3 kilometer di tepi sungai yang rusak.

Ifni Harun melanjutkan, aktivitas tambang menggunakan alat berat juga mematikan ekonomi masyarakat sekitar, karena masyarakat melakukan penambangan pasir secara manual.

"Penambangan Galian C ini sudah dilakukan sekitar sebulan, bahkan dilakukan dari pagi hingga malam. Intinya kami hanya menuntut agar pertambangan galian C yang menggunakan Eskavator beroperasi di Daerah Aliran Sungai (DAS) dihentikan. Ada 3 alat berat yang melakukan penambangan di sepanjang Aliran Sungai Batang Kanaikan," tegasnya.

Sementara Kapolsek Gunung Tuleh, Iptu Eri Yanto menegaskan, akan menindaklanjuti tuntutan masyarakat yang menyampaikan aspirasi. Menurut Kapolsek, pihaknya sudah mendengar adanya aktivitas alat berat itu dan sudah pernah memperingatinya.

Diakuinya sejumlah penambangan yang ada di wilayah hukum Polsek Gunung Tuleh ada yang berizin dan ada yang tidak berizin. "Kita sudah ingatkan namun nampaknya tidak diindahkan, makanya ribut," katanya.

[Irfan ... Baca halaman selanjutnya