Dua Harimau Sumatera Lahir di TMSBK Bukittinggi

"satwa ini lahir pada Senin 17 Desember 2018 sekitar pukul 07.00 WIB"
ilustrasi anak harimau (net)

BUKITTINGGI, KLIKPOSITIF -- Dua ekor anak harimau sumatera dikabarkan lahir di Taman Marga Satwa dan Budaya Kinantan (TMSBK) Bukittinggi. Kepala Seksi Konservasi Wilayah 1 BKSDA Sumbar Khairi Ramadhan menyebut, satwa ini lahir pada Senin 17 Desember 2018 sekitar pukul 07.00 WIB.

"Ya betul, ada sepasang lahir. Induknya Bancah (jantan) dan Dara Jingga (betina)," ujar Khairi saat dikonfirmasi KLIKPOSITIF, Selasa 18 Desember 2018.

Dia mengatakan, kondisi sepasang bayi harimau itu terbilang sehat dan tetap dipantau perkembangannya. Dengan lahirnya sepasang harimau ini, maka harimau sumatera penghuni TMSBK atau populer disebut Kebun Binatang itu berjumlah 12 ekor.

Sebenarnya, sejak 2017 harimau penghuni TMSBK berjumlah 12 ekor, namun berkurang menjadi 10 karena ada program pertukaran satwa dengan Bali Zoo.

TMSBK merupakan objek wisata populer di Bukittinggi yang dihuni lebih dari 500 satwa. Diantaranya banyak terdapat hewan dilindungi semisal Gajah, Harimau, Singa dan beraneka jenis satwa burung.

[Hatta Rizal]