Tahun Depan, PT Bukit Asam Bakal Bangun Hotel Bintang Empat di Sawahlunto

"Kerjasama tersebut dilakukan dengan merevitalisasi Hotel Ombilin"
Area perkantoran PT Bukit Asam di Kota Sawahlunto (KLIKPOSITIF/Muhamad Haikal)

SAWAHLUNTO, KLIKPOSITIF -- PT. Bukit Asam Unit Pertambangan Ombilin (PT BA UPO) akan membangun hotel di Kota Sawahlunto. Untuk mewujudkan hal tersebut, PT BA UPO telah bekerjasama dengan PT. Hotel Indonesia Natour (HIN).

Kerjasama tersebut dilakukan dengan merevitalisasi Hotel Ombilin, Gedung Perkantoran dan Garase yang lokasinya yang berdekatan dalam satu area kawasan tersebut.

General Manajer PT BA UPO, Nan Budiman mengatakan, revitalisasi ditujukan untuk mendorong wisata di Sawahlunto dapat semakin berkembang.

Dengan berdirinya hotel berkelas bintang empat, lanjut Nan, dapat dimanfaatkan oleh wisatawan, sehingga bisa menginap lebih satu malam di Kota Arang ini.

"Untuk tahap awal, bulan Januari tahun depan akan merevitalisasi Hotel Ombilin, sesudahnya dilanjutkan revitalisasi gedung perkantoran dan garase. Jika semua selesai tersedia 120 kamar yang terdiri kamar sweet room dan deluxe dan dilengkapi fasilitas kolam renang," katanyanya.

Ditegaskan Nan kembali, PT BA UPO, ingin mewujudkan visi dan misi bersama Pemerintah Kota Sawahlunto yakni Menjadi Kota Wisata Tambang Yang Berbudaya pada tahun 2020.

Sementara itu, untuk gedung pengganti kantor sebutnya, pihaknya masih banyak memiliki fasilitas. "Kantor PT. BA UPO akan pindah ke Bengkel Utama Saringan yang tidak jauh dari gedung ini," ujar dia.

Rencana pendirian kawasan perhotelan tersebut disambut baik Pemerintah Kota Sawahlunto. Wakil Walikota Sawahlunto Zohirin Sayuti mengatakan ini investasi yang luar biasa. Kita akan support, terutama masalah perizinan dan tekhnis lainnya.

Zohirin menambahkan, kunci suksesnya pariwisata salah satunya sangat tergantung pada fasilitas akomodasi penginapan.

"Saat ini kita belum memiliki fasilitas yang reperesentatif yang menjadi harapan dari wisatawan termasuk akses jalan yang bagus dan mudah," ucapnya.

"Kita akan dukung penuh, infrastruktur pendukungnya akan diperbaiki, jalan utama ... Baca halaman selanjutnya