Ini Penyebab Kebakaran 3 Rumah di Bukittinggi

"Kerugian ditaksir mencapai Rp300 juta"
Lokasi kebakaran di Jalan Tuanku Nan Renceh Bukittinggi (Istimewa)

BUKITTINGGI,KLIKPOSITIF-- Tiga rumah di RT 001/ RW 001 Kelurahan Kayu Kubu, Kecamatan Guguk Panjang, Bukittinggi terbakar sekitar pukul 16.00 WIB, Rabu 19 Desember 2018.

Tiga rumah kontrakan bertipe permanen hangus tanpa ada barang yang berhasil diselamatkan. Api dengan cepat membesar karena tiupan angin yang cukup kencang. Api baru bisa dipadamkan satu jam kemudian.

Menurut Kepala Seksi Operasional Satpol PP Bukittinggi Dodi Andresia yang ikut memadamkan api menyebut, kebakaran terjadi akibat ledakan kompor dari salah satu pemilik rumah.

"Saat itu pemilik rumah sedang memasak menu untuk makanan anak TK, lalu kompor gasnya meledak, dan api kemudian tak terkendali," ucapnya.

Kemudian, api menjalar ke dua rumah lainnya yang berdempetan dengan rumah tersebut sebelum kemudian berhasil dipadamkan oleh petugas Damkar dibantu personil Polisi, TNI, Satpol PP, Dishub dan BPBD serta PMI.

Kerugian ditaksir mencapai Rp300 juta. Tak ada korban jiwa akibat kejadian ini hanya saja penghuni yang sebanyak 8 jiwa dari 3 KK mesti mengungsi untuk sementara waktu.

Kebakaran terjadi saat cuaca panas dan angin berhembus kencang. Lokasi kejadian persis berada di dekat Hotel Rocky dan PAUD Jamiayatul Hujjah.

Dalam pemadaman api, Damkar Bukittinggi mengerahkan 5 armada, dibantu 2 armada damkar dari Padang Panjang.

[Hatta Rizal]