Bawaslu Pasaman: Wali Nagari Jangan Ikut Berpolitik

" jangan sampai masyarakat yang menjadi tumbal dalam Pemilu 2019 karena ketidaktahuannya."
Ilustrasi (Net)

PASAMAN, KLIKPOSITIF -- Bawaslu Kabupaten Pasaman mengajak sejumlah komponen untuk mengawasi Pemilu 2019. Bawaslu menjelaskan, jangan sampai masyarakat yang menjadi tumbal dalam Pemilu 2019 karena ketidaktahuannya.

Peran masyarakat menurut Bawaslu sangat dibutuhkan dalam pengawasan pemilu ini. Sebab, dengan keterbatasan personil tidak mungkin Bawaslu sendiri mengawasi Pemilu 2019 ini bisa berjalan dengan jujur dan adil dan terhindar dari politik uang.

"Kita mengajak mahasiswa, pemilih pemula, ormas, media dan walinagari untuk ikut mengawasi Pemilu 2019 ini. Kita yakin dengan peran komponen ini pemilu akan berlangsung sesuai dengan aturan" kata Ketua Bawaslu Pasaman, Rini Juwita pada KLIKPOSITIF saat acara Pengembangan Pengawasan Pemilu Partisipatif, Kamis 20 Desember 2018.

Menurut Rini, melalui kegiatan ini Bawaslu mengajak seluruh komponen untuk mengawasi pemilu. Terutama para wali nagari jangan ikut berpolitik dan berpihak kepada salah satu calon seperti di wali nagari di salah satu daerah beberapa waktu lalu.

"Khusus Pasaman kita mengingatkan bapak walinagari ikut berpolitik karena jelas sanksinya sesuai aturan kalau nanti terbukti" jelas Rini.

Sementara itu Divisi Penindakan dan Pelanggaran Bawaslu Pasaman, Kristian mengatakan hukum yang dibuat sampai hari ini masih banyak celah bagi pelaku pelanggaran tanpa ada bantuan masyarakat mengawasinya tidak mungkin.

Rakyat yang belum melek hukum akan menjadi tumbal dalam pesta demokrasi ini. Sehingga sangat dibutuhkan sosialisasi kepada masyarakat. Karena itu yang paling efektif itu adalah pencegahan bukan penindakan.

"Rakyat harus jadi subjek dalam pemilu ini dan harus paham akan haknya. Makanya melalui sosialisasi ini selalu kita tekankan peran dari masyarakat untuk mangawsi pemilu. Selain komisioner Bawaslu Pasaman, kita menghadirkan narasumber dari Bawaslu Provinsi Sumbar dan Akademisi" jelasnya. (Man St Pambangun)