Pemkab Pesisir Selatan Musnahkan 14 Ribu Lebih e-KTP Rusak

"Pemusnahan ini turut disaksikan oleh pihak KPU, Bawaslu dan Kominfo setempat"
Pemusnahan e-KTP di Disdukcapil Pesisir Selatan (Istimewa)

PESISIR SELATAN, KLIKPOSITIF -- Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, memusnahkan sebanyak 14.750 ribu keping e-KTP yang rusak dan memuat data warga yang invalid.

Pemusnahan ini digelar di halaman Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Pesisir Selatan, Jumat 21 Desember 2018.

Kepala Disdukcapil Pesisir Selatan, Eva Fauza mengatakan, pemusnahan kartu identitas tersebut berdasarkan Surat Edaran (SE) Nomor 470.13/11176/SJ tentang Penatausahaan KTP-el Rusak atau Invalid.

"Sesuai dengan arahan dari Kementerian Dalam Negeri RI kita melakukan pemusnahan e-KTP yang rusak, hal ini untuk menyikapi pelaksanaan Pemilu 2019 nanti," katanya.

Pemusnahan ini turut disaksikan oleh pihak KPU, Bawaslu dan Kominfo setempat, "Pemusnahan ini dilakukan sesuai dengan ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang," ujar dia.

Sementara itu, Asisten I Pemkab Pessel, Gunawan menilai bahwa langkah pemusnahan ini dilakukan terkait informasi ribuan e-KTP rusak dan invalid yang ditemukan di Kota Pariaman beberapa waktu lalu.

Selain itu, dia menilai, langkah pemusnahan ini juga untuk mengantisipasi masalah yang akan timbul saat pelaksanaan Pileg dan Pilpres tahun 2019 mendatang.

[Kiki Julnasri Priatama]