Bawaslu Pasbar Tegaskan Pentingnya Peran Serta Pemilih Pemula

"Oleh sebab itu kita selaku penyelenggara memposisikan diri, agar memotivasi dan membangun sikap pemilih agar tidak acuh dan benar-benar merasa diperlukan dalam menetukan proses demokrasi ini yang berintegritas"
Ilustrasi (Net)

PASAMAN BARAT, KLIKPOSITIF -- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Pasaman Barat melakukan sosialisasi Pengawasan Tahan Pemilu Tahun 2019 bersama Mahasiswa dan Siswa (Pemilih Pemilu) se-Kabupaten Pasaman Barat-Sumbar, di Aula Hotel Guchi, 21 Desember 2018.

"Sosialisasi kali ini dilakukan kepada para pemilih pemula. Sebab mereka masih masih awam dan tingkat independen mereka masih tinggi," kata Ketua Bawaslu Pasaman Barat, Emra Patria.

Sehingga kita berharap mereka dapat terlibat langsung dalam pengawasan pesta demokrasi yang akan datang. Selain itu meminta peran masyarakat, agar terlibat langsung mendukung penuh Bawaslu dalam mengawal pemilu ini. Dengan itu maka tercipta pemilu yang jujur, adil dan martabat.

"Disamping itu juga tercipta nya proses transisi kekuasaan secara fair, demokratis dan legitimate serta mendorong tumbuh dan menguatnya kepercayaan rakyat terhadap prosedur demokrasi dalam menjembatani proses transisi kekuasaan.

Masyarakat dapat membantu mencegah terjadi arus balik dari demokrasi menuju tirani baru. Mencegah apatisme terhadap demokrasi dalam artian ada kecenderungan melihat masa lalu yang otoritaian," paparnya.

"Oleh sebab itu kita selaku penyelenggara memposisikan diri, agar memotivasi dan membangun sikap pemilih agar tidak acuh dan benar-benar merasa diperlukan dalam menetukan proses demokrasi ini yang berintegritas," pintanya.

Sementara itu, Divisi Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Sumatera Barat, Vifner menjelaskan, Pemilu merupakan proses pergantian kekuasaan secara damai yang dilakukan secara berkala sesuai dengan amanat konstitusi.

Kita tidak ingin proses pemilu ini dicurangi oleh orang-orang yang tak bertanggung jawab untuk mendudukkan seseorang yang tidak berkualitas. Maka kita berharap kepada masyarakat ikit berperan penting dalam pengawan, sebab Bawaslu sendiri tidak akan sanggup untuk mengawasi dan mengontrol upaya kecurangan yang dilakukan oleh pihak ... Baca halaman selanjutnya