Pemilu 2019, Ada 376 Pemilih Disabilitas di Sawahlunto

" Kategori disabilitas tersebut, terdiri dari tunadaksa, tunanetra, tunarungu, dan tunagrahita."
Komisioner KPU Kota Sawahlunto (Muhammad Haikal)

SAWAHLUNTO, KLIKPOSITIF - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Sawahlunto mencatat, terdapat 376 pemilih dalam kategori difabel atau disabilitas. Kategori disabilitas tersebut, terdiri dari tunadaksa, tunanetra, tunarungu, dan tunagrahita.

"Dari total 376 pemilih tersebut, dengan rincian 56 pemilih tunadaksa, 47 pemilih tunarungu, 21 pemilih tunanetra, 152 pemilih tunagrahita dan 100 pemilih disabilitas lainnya," kata anggota KPU Kota Sawahlunto Divisi Data dan Perencanaan Rika Arnelia, saat Sosialisasi Logistik Pemilu 2019 di Silo Meeting Room, Parai City Garden Sawahlunto, Sabtu 22 Desember 2018.

Dijelaskan Rika, isu pemilih gila yang beredar akhir-akhir ini merupakan bukan hal yang baru dalam kepemiluan. "Dalam Peraturan KPU Nomor 11 Tahun 2018 pasal 4 itu menjelaskan orang yang disebut gila itu harus memiliki surat keterangan resmi dari dokter ahli," jelasnya.

"Tunagrahita ialah memiliki keterbelakangan mental. Dan rata-rata orang yang kita sebut gila di Sawahlunto, tidak memiliki surat keterangan resmi dari dokter," tuturnya.

Sementara itu, jumlah pemilih di Kota Sawahlunto dari hasil penyempurnaan Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan (DPTHP) 2 sebanyak 45.778 pemilih yang ditetapkan pada 10 Desember 2018 lalu, hasil ini berbeda dari DPTHP 2 yang ditetapkan 12 November 2018 sebanyak 45.778.

"Terjadinya perbedaan DPT dikarenakan adanya pemilih pemula yang masuk DPT, adanya perpindahan penduduk baik yang masuk maupun yang keluar," tutupnya.

Sementara itu, anggota KPU Kota Sawahlunto Divisi Sosialisasi Desi Fardila, KPU Kota Sawahlunto telah melakukan sosialisasi pemilu 2019 ke masyarakat.

Sosialisasi tersebut berupa KPU go to School, temu warga, kursus kepemiluan dan sosialisasi ke penyandang disabilitas.

"Nanti tahun depan kita juga akan merekrut 55 relawan demokrasi yang akan menyasar 11 segmen basis pemilih, untuk mensosialisasikan Pemilu 2019" ujarnya.

Diketahui, di kota ... Baca halaman selanjutnya