Bantu Korban Tsunami Selat Sunda, Pemprov Sunda Kumpulkan Rendang dari OPD

"Tercatat, saat ini sudah ada 710 kilogram Rendang yang terkumpul"
Kerusakan akibat Tsunami Selat Sunda (BNPB)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Pemprov Sumbar) melakukan penggalangan bantuan Rendang untuk korban tsunami Lampung dan Banten.

Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit lansung mengkoordinir penggalangan sumbangan Rendang tersebut. 

Penggalangan sumbangan Rendang melibatkan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Tercatat, saat ini sudah ada 710 kilogram Rendang yang terkumpul.

"Pak Gubernur mengetuk hati kita semua terutama Kepala OPD. Beliau berharap ada gerakan kemanusiaan dari kita semua untuk itu. Mudah-mudahan setelah itu, masyarakat Sumbar baik yang ada di ranah atau di rantau juga tergugah untuk membantu," katanya.

Menurut dia, nantinya akan lebih dari 1 ton Rendang yang terkumpul. Sebab 710 kg itu baru dari 30 OPD, sedangkan masih ada sebanyak 20 OPD lagi yang belum menyumbang.

Kemudian, ia menyebutkan bagi masyarakat yang ingin ikut menyumbang bisa menganggarkan langsung ke kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumbar. 

"Bantuan Rendang paling lambat tanggal 27 Desember 2018 telah dikumpulkan di kantor BPBD dengan cara mempacking Rendang dengan ukuran 1/2 kg. Hal ini bertujuan agar memudahkan dalam pengangkutan dan pendistribusiannya," jelasnya.

Sementara Kepala Biro Humas Pemprov Sumbar, Jasman Rizal mengatakan, Randang yang terkumpul nantinya akan dibagi dua (Lampung dan Banten). "Berapapun nanti terkumpul kita akan bagi sama banyak," ujarnya singkat. 

Untuk diketahui, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat, hingga Selasa (25/12/2018) pukul 13.00, jumlah korban meninggal dunia akibat tsunami Banten dan Lampung meningkat menjadi 429 orang. 

Pandeglang merupakan daerah yang terdampak paling parah, tercatat 290 orang meninggal dunia. Lampung Selatan 108 orang, Kabupaten Serang 29 orang, Pesawaran dan Tanggamus masing-masing 1 ... Baca halaman selanjutnya