Disdukcapil Bukittinggi Musnahkan Ribuan KTP Elektronik Rusak

"Ada sebanyak 1450 keping yang kita musnahkan, itu sudah rusak dan invalid"
Disdukcapil Bukittinggi musnahkan ribuan KTP El yang rusak dan invalid. (KLIKPOSITIF/Hatta Rizal)

BUKITTINGGI, KLIKPOSITIF -- Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bukittinggi memusnahkan ribuan keping KTP Elektronik yang rusak dan invalid, Rabu 26 Desember 2018. Kadisdukcapil Ridwan Efendi mengatakan, pemusnahan ini dilakukan atas dasar Instruksi Menteri Dalam Negeri.

"Ada sebanyak 1450 keping yang kita musnahkan, itu sudah rusak dan invalid," ungkapnya.

Dia mengatakan, KTP ini harus dimusnahkan agar tak terjadi kejadian seperti penyelewengan. Pemusnahan, dilakukan dengan cara dibakar sehingga KTP itu hangus dan tak bisa diselewengkan maupun tercecer. Cara ini berbeda dibanding tahun sebelumnya yang hanya digunting saja

"Ini komitmen kita dalam mewujudkan pemerintahan yang bersih, kita tak ingin kasus tercecernya KTP seperti yang heboh di media tak terjadi di sini," bebernya.

Bukittinggi punya penduduk sebesar 119 ribu dimana yang sudah punya KTP El sebanyak 81 ribuan atau sebesar 97 persen dari wajib KTP. Sementara, sebanyak 3 persen atau 2000-an tercatat masih belum memiliki KTP EL dan akan segera dituntaskan dengan sistem jemput bola.

Acara ini disaksikan langsung oleh Ketua KPU Bukittinggi Benny Azis, Ketua Bawaslu Bukittinggi Ruzi Haryadi, Kepala Satpol PP Syafnir, pihak Kejaksaan, Polres Bukittinggi dan Kodim 0304/Agam yang dilakukan di halaman Disdukcapil Bukittinggi di Palolok.

[Hatta Rizal]