Dokter Muda IKM FK UNAND Inisiasi Terbentuknya Komunitas Anti Merokok di Lubuk Kilangan

"Jadi komunitas ini merupakan suatu wadah bagi masyarakat yang sama-sama peduli terhadap permasalahan rokok ini"
Pengurus KAMEK usai pergelaran iven "Penyuluhan Bahaya Merokok, Edukasi dan Terapi Berhenti Merokok, Pemeriksaan Kadar CO, dan Peresmian Komunitas Anti Merokok (KAMEK) Kecamatan Lubuk Kilangan" pada Rabu (26/12) (Ist)

PADANG, KLIKPOSITIF – Berawal dari rasa prihatin terhadap tingginya angka perokok di Lubuk Kilangan, kelompok Dokter muda bagian Ilmu Kesehatan Masyarakat (IKM) FK UNAND yaitu Zikril Ariliusra,S.KED dan teman-temannya membentuk Komunitas Anti Merokok (KAMEK).

Sebelumnya, mereka hanya berniat untuk menjalani tugas praktek mereka saja di Puskesmas Lubuk Kilangan bersama teman sekolompoknya, namun mereka kaget saat mengetahui bahwa angka perokok di Lubuk Kilangan termasuk cukup tinggi. Jumlah perokok di Lubuk Kilangan mencapai 78 persen dari seluruh masyarakat yang ada di Kecamatan Lubuk Kilangan.

“Kami menilai bahwa jika dilakukan penyuluhan saja, maka itu tidak cukup rasanya untuk menurunkan angka perokok yang kemungkinan dapat terus bertambah tanpa kita ketahui. Selain itu, jika dilakukan terapi berhenti merokok yang dilaksanakan hanya satu kali saja tentu kurang efektif juga rasanya,” ujar salah seorang dokter muda IKM FK Unand, Zikril Ariliusra,S.KED.

Oleh karena itu, lanjutnya, ia dan teman-temannya tergerak untuk membuat Komunitas Anti Merokok yang disingkat menjadi KAMEK.

“Jadi komunitas ini merupakan suatu wadah bagi masyarakat yang sama-sama peduli terhadap permasalahan rokok ini. Dalam mendukung upaya terbentuknya komunitas anti rokok ini, Puskesmas Lubuk Kilangan membantu komunitas kami dengan membuat sebuah klinik berhenti merokok,” kata Zikril.

Ia mengungkapkan, dengan berkumpulnya masyarakat yang punya keinginan positif ini, nanti mereka akan saling mendukung dan mengadakan kegiatan-kegiatan rutin yg membantu dalam berkurangnya jumlah perokok di Kecamatan Lubuk Kilangan, seperti mengajak masyarakat untuk bersama2 datang ke klinik berhenti merokok di Puskesmas Lubuk Kilangan, mengadakan penyuluhan dan terapi berhenti merokok secara rutin, dan sebagainya.

Komunitas tersebut diresmikan hari ini, Rabu (26/12) bersamaan dengan dilangsungkannya iven pertama ... Baca halaman selanjutnya