7 Destinasi Liburan Akhir Tahun Memikat di Kamang Agam

pemandangan di Danau Tarusan
pemandangan di Danau Tarusan (KLIKPOSITIF/Hatta)

AGAM,KLIKPOSITIF--Musim libur telah tiba, tak ada salahnya berkunjng ke Kamang, Agam. Sebab di sana, ada beberapa objek wisata yang bisa dinikmati. KLIKPOSITIF merangkum tujuh destinas  wisata di Kamang yang terbagi di dua wilayah administrasi Kecamatan Tilatang Kamang dan Kamang Magek, objek ini layak dikunjungi sebab memiliki pesona yang memikat.

1. Danau Tarusan

Rasanya tak ada yang tak mengenal danau ini. Sebab karakternya berbeda dari danau kebanyakan, sebab Tarusan terkadang berair, terkadang kering. Kabar baiknya, saat ini airnya penuh dan Tarusan sudah menjadi danau seutuhnya. Objek ini berlokasi di Jorong Halalang, Nagari Kamang Mudiak, Kecamatan Kamang Magek. Cukup gampang aksesnya, bisa ditempuh dengan roda dua maupun empat.

Baca Juga

2. Ngalau Tarang

Objek berupa gua ini terletak di Jorong Bansa, Nagari Kamang Mudiak, Kecamatan Kamang Magek. Sebelum sampai di Danau Tarusan, objek inilah yang lebih dahulu ditemukan. Terletak di sebuah bukit yang berjarak 300 meter dari pemukiman terdekat atau tempat parkir. Ngalau Tarang memiliki sejumlah stalaktif dan stalagmit memukau yang bisa ditemui di bagian dalamnya. Ukuran Ngalau Tarang cukup luas dan tergolong cukup terang karena banyak cahaya. Menjelajahi gua yang masih alami, tentu pengalaman tak terlupakan.

3. Bukik Binu

Objek ini terletak di sebuah bukit di Jorong Binu, Nagari Kamang Ilia, Kecamatan Kamang Magek. Letaknya cukup terpencil memang, berada di kaki Bukit Barisan. Tempat ini berhawa sejuk dengan pemandangan alam yang asri serta bisa ditempuh roda dua maupun empat. Tempat ini sangat direkomendasikan sebab cocok untuk berswafoto karena memiliki batuan tebing warna putih seperti karang. Berjarak sekitar 20 kilometer dari Bukittinggi, cukup jauh, namun tak ada salahnya untuk berkunjung melihat kehidupan masyarakat perdesaan yang permai.

4. Banto Royo

Objek paling hits di Kabupaten Agam saat ini, dengan tingkat kunjungan bisa tembus sebanyak 5000-an orang per hari. Di antara objek wisata lainnya dalam daftar ini, Banto Royo, satu-satunya yang dikelola secara profesional melibatkan warga lokal. Objek ini merupakan wisata air seluas 6,4 hektare dengan beraneka wahana semisal jembatan air, kano, flying fox. Banto Royo berada di Jorong Kaluang Tapi, Nagari Koto Tangah, Kecamatan Tilatang Kamang. Sayang, tiket masuknya cukup mahal, sebesar 20 ribu rupiah per-orang saat hari libur.

5.Panorama Lengkok

Berada di Jorong Padang Kunyik, Nagari Kamang Mudiak, Kecamatan Kamang Magek, Panorama Lengkok merupakan sebuah bukit kecil dengan pemandangan hamparan persawahan memukau. Untuk mengamati dataran Kamang yang penuh areal persawahan, inilah tempat terbaik.

6. Tirta Sari

Objek ini berdampingan lokasinya dengan Banto Royo, ia memang kalah saing. Namun, Tirta Sari yang berupa telaga besar ini, memiliki sebuah bukit setinggi 100 meter yang cocok menjadi lokasi menara pandang untuk mengintip megahnya betangan alam Kamang.

7. Luak Gadang Guguak Rang Pisang

Sempat viral pada awal tahun 2018. Objek ini terletak di Jorong Guguak Rang Pisang, Nagari Kamang Ilia, Kecamatan Kamang Magek. Berupa dua buah kolam jernih yang dibagi lewat sebuah jalan bercor semen selebar 1 meter. Objek ini terletak di pinggir hutan yang punya batuan tebing cantik dan cocok untuk berswafoto.

Hatta Rizal

Video

Kakek yang Viral Beli Obat dengan Uang Mainan Akan Segera Umrah

YouTube channel KlikPositif.com

Penulis: Ramadhani