Jelang Tahun Baru, Arus Kendaraan di Bukittinggi Mulai Padat

"Kondisi ini terjadi hampir setiap tahun di kota yang terkenal dengan pariwisatanya tersebut"
Arus di Bukittinggi jelang tahun baru. (KLIKPOSITIF/Hatta Rizal)

BUKITTINGGI, KLIKPOSITIF -- Arus kendaraan di Kota Bukittinggi terpantau mulai padat jelang pergantian tahun 2018 ini. Kondisi ini terjadi hampir setiap tahun di kota yang terkenal dengan pariwisatanya tersebut.

Pantauan KLIKPOSITIF di sejumlah jalan utama Bukttinggi seperti Jalan Sudirman, Jalan Soekarno Hatta dan Jalan Ahmad Yani, tampak jumlah kendaraan meningkat, terutama di jelang sore hingga malam.

Kepala Bidang Lalu Lintas dan Perparkiran dari Dinas Perhubungan Kota Bukittinggi Reka Syahrul mengatakan, dia mencatat ada kenaikan jumlah kendaraan. "Cukup ramai. Terkadang merambat namun masih dalam kategori lancar," ucapnya, Kamis 27 Desember 2018.

Reka menyebut, pada ruas jalan tertentu, memang terjadi kemacetan, tapi tidak lama dan bisa cepat terurai. "60 persen peningkatannya dibanding hari biasa atau lebih dua kali lipat. Kendaraan dari luar daerah yang dominan," ujarnya.

Diperkirakan, hingga beberapa hari kedepan, arus kendaraan akan tetap tinggi sebab Bukittinggi menjadi salah satu destinasi utama dalam libur tahun baru. Untuk mengantisipasi kemacetan arus kendaraan, pihak Dishub sudah melakukan sejumlah rekayasa lalin sehingga diharapkan kemacetan tak parah.

Sementara, di pintu gerbang masuk Bukittinggi seperti Simpang Gaduik, Simpang Tanjung Alam dan Simpang Padang Lua, terlihat sedikit ada peningkatan jumlah kendaraan namun belum signifikan.

[Hatta Rizal]