Polres Solok Amankan Jalur Pendakian Gunung Talang di Malam Pergantian Tahun

"Pengamanan terfokus di pos pendakian kawasan Air Batumbuak"
Kapolres Solok, AKBP Ferry Irawan saat memeriksa kawasan jalur pendakian ke Gunung Talang (Istimewa)

SOLOK, KLIKPOSITIF -- Kepolisian resor Kabupaten Solok menyiagakan sebanyak 200 orang personil kepolisian di beberapa lokasi yang dianggap rawan selama perayaan pergantian tahun akhir Desember ini.

Kapolres Solok AKBP Ferry Irawan mengatakan, untuk pengamanan pihaknya terfokus di lokasi pendakian Gunung Talang yang ramai dikunjungi masyarakat saat momen tersebut.

Ia menjelaskan, pengamanan terfokus di pos pendakian kawasan Air Batumbuak, Kecamatan Gunung Talang, Kabupaten Solok. Pihaknya memprediksi jumlah pendaki akan membludak seperti tahun sebelumnya yang nyaris mencapai 10 ribu orang.

"Biasanya selalu ramai, makanya kita sengaja tempatkan personil di lokasi untuk pengamanan mengantisipasi membludaknya pendaki," katanya, Kamis.

Gunung Talang memang jadi salah satu lokasi untuk memperingati pergantian tahun bagi masyarakat. Medan yang landai dan pemandangan alam yang asri menjadi daya tarik tersendiri bagi pendaki.

Namun, untuk memaksimalkan pengamanan, pihaknya tidak hanya siaga di jalur pendakian saja. Ferry menambahkan, sebagian lain dari personilnya juga berjaga di kawasan Bypass Selayo.

Disana, pihak kepolisian bertugas untuk mengatasi kemacetan lalulintas yang biasa terjadi saat hari besar dan momen libur panjang.

"Ada lebih kurang 78 personil yang kita siagakan di dua pos pengamanan tersebut yang dibagi dalam 3 shift jaga, sisanya standby di los Induk Polres Arosuka," pungkasnya kemudian.

[Syafriadi]