Kembangkan Wisata Pulau Sironjong Ketek, Pemkab Pessel Janji Tingkatkan Keselamatan Pengunjung

"Ini merupakan salah satu bentuk jasa pelayanan Pemerintah Daerah kepada tamu. Jadi dengan berkembangan ini, kita bangunkan tangga untuk cliff jumping, yang sebelum sudah sering juga dilakukan masyarakat dan wisatawan"
Objek wisata Pulau Sironjong Ketek (Ist)

PESSEL, KLIKPOSITIF -- Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat menjelaskan akan meningkatkan keamanan dan keselematan bagi pengunjung di lokasi objek wisata di daerah itu, salah satunya di kawasan Pulau Sironjong Ketek, Kawasan Wisata Mandeh, Koto XI Tarusan yang saat ini juga menjadi salah satu fokus pengembangan wisata di daerah itu.

Hal tersebut juga terkait adanya insiden di pulau tersebut beberapa hari lalu, saat wisatawan berkunjung ke pulau itu.

"Untuk meningkatkan keamanan di Sironjong Ketek kita akan melengkapi fasilitas dengan papan petunjuk. terutama dalam hal keselamatan saat wisatawan melakukan cliff jumping yang ada di pulau ini," sebut Kepala Dinas Pariwisata Pesisir Selatan, Mawardi Roska kepada KLIKPOSITIF di Painan, Kamis 27 Desember 2018.

Dia menjelaskan, saat pengembangan lokasi cliff jumping di Sironjong Ketek yang tersusun sebagai gugusan pulau Mandeh, tempat ini memang belum terakomodir secara keseluruh. Sebab, keberadaan tempat ini sejalan dengan pengembangan kawasan Mandeh sebagai wisata Nasional.

"Ini merupakan salah satu bentuk jasa pelayanan Pemerintah Daerah kepada tamu. Jadi dengan berkembangan ini, kita bangunkan tangga untuk cliff jumping, yang sebelum sudah sering juga dilakukan masyarakat dan wisatawan," terangnya.

Menurutnya, untuk pengembangan lokasi cliff jumping di Sironjong Ketek mulai dikenal sejak tahun 2017. Kerena tingginya antusias pengujung, sehingga tempat tersebut jadi perhatian Pemkab dan dibangunkan fasilitas tangga.

"Tahun 2017 itu memang belum ada kajian khusus. Kita bangunkan tanggannya, setelah ada kajian dari para profesional dan mengatakan tempat tersebut layak sebagai lokasi untuk menguji adrenalin melakukan cliff jumping," terangnya.

Sementara itu, Sedakkab Pesisir Selatan, Erizon mengatakan, selain penataan panduan untuk tempat cliff jump di Sironjong Ketek. Pemkab Pessel secara keseluruhan, juga akan menata tempat-tempat ... Baca halaman selanjutnya