Tes Urin Minim, BNNK Payakumbuh Minta Pemko Sediakan Alat

"Ketersediaan alat tersebut diharapkan bisa mempermudah pemeriksaan urin"
Kepala BNNK Payakumbuh saat menyampaikan hasil pemeriksaan urin ASN di tahun 2018 (KLIKPOSITIF/Taufik Hidayat Kampai)

PAYAKUMBUH, KLIKPOSITIF -- Badan Narkotika Nasional Kota (BNNK) Payakumbuh meminta pemerintah menyediakan alat pemeriksaan urin untuk seluruh ASN yang ada di kota itu.

Kepala BNNK Payakumbuh, AKBP Firdauz ZN mengatakan bahwa ketersediaan alat tersebut diharapkan bisa mempermudah pemeriksaan urin sebanyak 4000 lebih ASN yang bertugas di Kota Batiah tersebut.

Ia merinci, sepanjang 2018, pihaknya hanya bisa melakukan tes urine terhadap 627 orang yang tediri dari ASN, pegawai swasta, masyarakat, dan pelajar. Hasil tes urine menunjukkan semuanya negatif menggunakan narkoba.

"Anggaran dan alat tes urine yang terdapat di BNNK Payakumbuh cukup minim. Karena itu, untuk menciptakan ASN bersih narkoba dibutuhkan sinergi antara Pemko, DPRD, dan BNN. Anggaran bisa disediakan Pemko bersama DPRD, dan kami dari BNNK Payakumbuh bisa sebagai pelaksana," katanya, Jumat 28

Ia menyebutkan, ASN bersih narkoba sudah menjadi salah satu program wajib pemerintah.

Apalagi, sebut dia, Pemko Payakumbuh sudah menunjukkan keseriusannya, setelah beberapa waktu lalu menggelar deklarasi anti penyakit masyarakat, seperti LGBT (Lesbian, Gay, Biseksual, dan Transgender), narkoba, seks bebas, judi, minuman keras, dan lainnya.

"Sekarang tinggal bagaimana Pemko bisa mandiri untuk melakukan tes urine. Dengan ASN Kota Payakumbuh yang jumlahnya mencapai 4.000, sulit bagi BNN untuk menyediakan alat tes urine. Karena itu, kami harapkan Pemko bisa mandiri dan kami siap membantu sebagai pelaksana," urainya.

Ia menjelaskan, penanggulan narkoba tidak bisa dilakukan hanya oleh BNN. Dengan anggaran yang cukup terbatas, pihaknya butuh dukungan dan support dari semua kalangan. Karena itu, sepanjang 2018, BNNK Payakumbuh sudah membentuk 20 orang trainer.

"Para trainer tersebut mendapat pelatihan dan pembekalan agar dapat menjadi kader BNNK Payakumbuh untuk dapat mensosilisasikan bahaya narkoba di lingkungannya," ... Baca halaman selanjutnya