Data Ganda, Jumlah Korban Tsunami Selat Sunda Berkurang

"Jadi setelah dikoreksi, datanya 462 orang meninggal dunia"
Dampak kerusakan akibat tsunami Selat Sunda (BNPB)

NASIONAL, KLIKPOSITIF -- Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat ada pengurangan jumlah korban tsunami dari Selat Sunda yang melanda Banten dan Lampung pekan lalu.

Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, dalam data yang dipaparkannya 2 hari yang lalu, ada pengurangan karena terdapat data ganda.

"Kenapa datanya turun? Karena data tercatat di BPBD Banten dan Lampung. Jadi setelah dikoreksi, datanya 462 orang meninggal dunia," katanya dilansir dari Suara.com-jaringan Klikpositif.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) saat ini fokus pemulihan daerah-daerah di Lampung Selatan, Provinsi Lampung yang terdapak bencana tsunami Selat Sunda .

Masa tanggap darurat bencana bencana yang terhitung sejak 23 hingga 29 Desember 2018 yang pertama masih melakukan pencarian, penyelamatan dan evakuasi korban bencana tsunami baik di Banten maupun Lampung.

Sementara penanganan pengungsi yang tadi dirinya sudah melihat ke beberapa posko yang persediaan bantuan mulai dari pakaian layak pakai hingga makanan dan obat-obatan sudah berlimpah. Namun untuk selimut dan matras masih kekurangan.

Pada masa tanggap darurat ini tim gabungan baik dari TNI, Polri, Basarnas, BNPB dan relawan sudah melakukan pembersihan puing-puing khususnya yang menumpuk di jalan raya.(*)