Tahun Depan, Tour de Singkarak Tetap Digelar, Tapi..

"Namun ada beberapa hal yang menjadi evaluasi oleh pemerintah "
Pembalap Tour de Singkarak melintasi Kota Padang (Istimewa)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Pemerintah Provinsi Sumatera Barat telah mengevaluasi penyelenggaraan Tour de Singkarak 2018 pada Kamis 27 Desember 2018 lalu. Dari hasil evaluasi, pemerintah mengeluarkan beberapa kebijakan.

Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit mengatakan, salah satu dari kebijakan itu adalah penyelenggaraan iven yang masih akan tetap dilanjutkan pada tahun 2019 mendatang.

Namun ada beberapa hal yang menjadi evaluasi oleh pemerintah selaku pihak penyelenggara, "Cuaca. Kondisi cuaca jadi evaluasi kami untuk tahun depan," katanya.

Rencananya, iven Tour de Singkarak 2019 akan digelar pada tanggal 2 November. Namun hal itu masih perlu dikoordinasikan lagi dengan kalender iven dan pemerintah daerah.

Ia menyebut, pihaknya akan mengupayakan semua daerah terlibat di penyelenggaraan Tour de Singkarak. Sehingga Nasrul meminta agar pemda tetap menganggarkan dana TdS di tahun 2019.

Kemudian TdS tahun depan bisa melewati Jambi dengan catatan jalan Kerinci menuju Pesisir Selatan atau sebaliknya bagus. "Kalau bisa semuanya ikut dan bisa melibatkan Jambi sehingga even ini semakin mendunia," ujar dia.

Sementara Kepala Dinas Pariwisata Sumbar Oni Yulfian mengatakan menyebut secara umum pelaksanaan TdS 2018 menurut penilaian Union Cycliste Internationale (UCI) berjalan dengan sangat baik.

Bahkan perubahan jalur etape pada menit-menit akhir karena terjadi bencana, mendapatkan nilai plus. Belum ada yang pernah bisa melakukan pengalihan rute dengan begitu cepat tetapi tidak mengganggu pelaksanaan balapan.

"Catatan dari Race Director itu jarak transfer pebalap karane kita masih kekurangan hotel untuk mereka menginap. Mereka mau start balap di Pesisir Selatan tapi masih menginap di Padang jarak transfernya cukup jauh," kata Oni. 

Mudah-mudahan ke depan semakin banyak hotel di masing-masing daerah sehingga setiap daerah dapat menikmati dari TdS. ... Baca halaman selanjutnya