Meski Berstatus Waspada, Pendaki Tetap Padati Marapi Sambut Pergantian Tahun

"Pemda Tanah Datar memasang sejumlah spanduk berisi larangan pendakian mendekati kawah disejumlah titik strategis di Koto Baru"

TANAHDATAR,KLIKPOSITIF -- Seribuan pendaki dari berbagai daerah mulai memadati kawasan Gunung Api Marapi dalam rangka pergantian tahun 2018.

Pantauan KLIKPOSITIF pada pukul 13.00 WIB, Senin 31 Desember 2018, di pos pendakian Koto Baru Tanah Datar, terlihat puluhan pendaki melakukan registrasi di pos tersebut. 

Salah seorang petugas pos menyebut, saat ini sudah ada seribuan pendaki berada di gunung setinggi 2891 meter diatas permukaan laut.

"Sejak kemarin dan pagi hingga siang ini, sekitar 1000an sudah berada di atas, sore ini mungkin akan terus bertambah,"ungkapnya enggan menyebutkan nama.

Ia mengatakan, hampir 60 persen pendaki berasal dari Riau, sementara sisanya merupakan pendaki lokal asal Sumbar.

"Mereka tak sampai puncak, sebab ke Puncak kan dilarang. Tahun ini jumlahnya menyusut karena banyaknya imbauan itu. biasanya bisa 8000an yang naik," tambahnya.

Saat ini, Marapi berstatus Waspada Level II, radius 3 kilometer dari kawah tak boleh didekati. 

Pemda Tanah Datar memasang sejumlah spanduk berisi larangan pendakian mendekati kawah disejumlah titik strategis di Koto Baru.

Rute Koto Baru, merupakan rute terpadat dan termudah dalam mencapai Puncak Marapi. Dalam kondisi normal, pendaki hanya butuh 5-6 jam mencapai puncak. [Hatta Rizal]