Tahun Ini, Kota Payakumbuh Lebih Aman Ketimbang 2017

"Dari data Polres Payakumbuh, jumlah gangguan keamanan pada 2018 menurun dibanding 2017"
Kapolres Payakumbuh AKBP Endrastyawan Setyowibowo paparkan ungkapan kasus pada 2018 (KLIKPOSITIF/Taufik Hidayat Kampai)

PAYAKUMBUH, KLIKPOSITIF -- Sepanjang 2018, Kota Payakumbuh nyaris lebih aman ketimbang 2017. Hal itu terlihat dari jumlah penurunan gangguan terhadap keamanan dan ketertiban masyarakat di daerah tersebut sepanjang tahun 2018 ini.

Berdasarkan data Polres Payakumbuh, pada 2017 gangguan terhadap ketertiban masyarakat terjadi sebanyak 723 kali, jumlah itu lebih sedikit dibandingkan 2017, dimana jumlah gangguan dan ketertiban masyarakat berjumlah 775.

Kapolres Payakumbuh AKBP Endrastyawan Setyowibowo menyebut, menurunnya jumlah gangguan terhadap keamanan dan ketertiban masyarakat itu tidak lepas dari peran serta semua kalangan, seperti masyarakat, pemerintah, dan TNI.

“Kami dari jajaran kepolisian selalu berusaha melayani dengan meningkatkan patroli dan melakukan berbagai penyuluhan sepanjang tahun ini,” katanya pada kegiatan pers rilis akhir tahun 2018 di Polres Payakumbuh, Senin 31 Desember 2018.

Menurutnya, sinergi program utama yang sudah disusun Polri memberikan efek positif terhadap petugasnya dalam menjalankan tugas di tengah-tengah masyarakat. Dia juga menilai masyarakat Kota Payakumbuh sudah semakin taat aturan.

“Warga juga mendukung kami. Adanya deklarasi anti penyakit masyarkat yang dilakukan beberapa waktu lalu menjadi bukti nyata. TNI dan pemerintahan juga memiliki peran yang tak kelah penting,” lanjutnya.

Selain terjadi penurunan gangguan terhadap keamanan dan kertiban masyarakat, sepanjang 2018 Polres Payakumbuh juga mencatat terjadi penurunan jumlah kecelekaan lalu lintas. Dari 120 kecelakaan pada 2017 menjadi 114 kecelakaan pada 2018 ini.

Untuk kasus narkoba juga terjadi penurunan kasus. Sepanjang 2018 ini, Polres Payakumbuh telah mengungkap sebanyak 46 kasus narkoba. Jumlah tersebut menurun dibandingkan 2017, dimana jumlah pengungkapan kasus narkoba sebanyak 50 kasus.

AKBP Endrastyawan menyebut, dalam pengungkapan kasus narkoba, pihaknya juga ... Baca halaman selanjutnya