Gara-Gara Ijazah, Pemkab Sijunjung Batalkan Kelulusan Satu CPNS 2018

"Ia juga telah berusaha mempertanyakan pengumuman pembatalan kelulusan ini pada Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sijunjung"
Nina Susilawati (Istimewa)

SIJUNJUNG, KLIKPOSITIF -- Langkah Nina Susilawati (32), untuk menjadi Pengawai Negeri Sipil (PNS) menemui jalan berliku. Diketahui, Nina mengikuti seleksi CPNS 2018 di Kabupaten Sijunjung dengan mengambil formasi guru kelas ahli pertama dengan lokasi formasi di Sekolah Dasar 40 Muara Takung.

Nina yang telah mengikuti Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) atau seleksi tahap kedua setelah Seleksi Kompetensi Dasar (SKD), tiba-tiba dibatalkan kelulusannya melalui pengumuman Bupati Sijunjung Nomor: 800/373/BKPSDM 2018, tertanggal 27 Desember 2018.

Dalam pengumuman itu dijelaskan, jika
berdasarkan huruf G angka 2 huruf J lampiran PermenPAN-RB nomor 36 tahun 2018 tentang kriteria penetapan kebutuhan PNS dan pelaksanaan CPNS 2018 dan surat Menpan-RB nomor B/687/S.SM.01.00/2018 tanggal 19 Desember 2018 perihal penyelesaian terhadap peserta seleksi CPNS 2018 yang tidak memenuhi persyaratan.

Dengan ini disesuaikan pembatalan hasil SKD dan hasil SKB atas nama Nina Susilawati dengan pendidikan S1 PGMI formasi guru kelas ahli pertama yang berlokasi di SDN 40 Muaro Takung.

"Saya kaget, ketika ada teman yang bilang, bahwa kelulusan saya dibatalkan di Website Pemerintah Kabupaten Sijunjung, perjuangan saya untuk menjadi PNS terasa sia-sia, hasil kelulusan seleksi dibatalkan Pemkab, yang ditandatangani Bupati Sijunjung. Ini sungguh tidak adil," katanya, Selasa 1 Januari 2019.

"Saya menunggu hasil kelulusan SKB, tahu-tahunya yang datang malah pengumuman pembatalan kelulusan," sambungnya sambil terisak.

Sementara itu, suami Nina, Yulicef Anthony mengaku, ia dan istrinya sempat mendatangi Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Sijunjung dan menanyakan langsung pada Kepala BKD Sijunjung Musprianti, pada 17 September 2018 lalu.

"Saya antar istri saya menanyakan linaerisasi ijazah dan gelar dengan ketersediaan formasi ... Baca halaman selanjutnya