Melihat Cara Bocah Pinggiran Sungai Pinang Merayakan Tahun Baru

"Kegiatan positif menjadi pilihan sehingga pergantian tahun memiliki makna lebih baik"
Anak-anak Sungai Pinang melepas Penyu (Istimewa)

PESISIR SELATAN, KLIKPOSITIF -- Menyambut awal tahun 2019 di rayakan dengan cara berbeda oleh masyarakat. Banyak yang merayakannya dengan berbagai kegiatan seperti pesta kembang api atau sekedar berkumpul dengan rekan sejawat.

Namu kegiatan positif menjadi pilihan sehingga pergantian tahun memiliki makna lebih baik.

Seperti yang dilakukan kelompok pecinta laut Anak Desa Sungai Pinang (Andespin), Kecamatan Koto XI Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan. 

Kelompok ini melakukan kegiatan bersih pantai dengan melibatkan belasan anak-anak binaan mereka. Selain bersih pantai mereka juga melakukan pelepasan anak penyu. 

"Mengawali tahun 2019, anak-anak pesisir beraksi membersihkan pantai dari sampah plastik. Jangan buang sampah sembarang terutama kelaut. Jaga laut kita mulai diri sendiri dan mulai dari sekarang," kata David Ketua Anak Desa Sungai Pinang (Andespin), Kepada KLIKPOSITIF, Senin, 1 Januari 2019. 

Menurut David, tidak hanya tahun baru saja kegiatan bersih laut dari sampah plastik akan dilaksanakan rutin tiap pekannya.

Penanaman kebiasaan positif itu akan diselingi dengan diskusi lingkungan dan pelepasan anak penyu bersama Sumatra sea turtle conservation. 

"Kami disini memiliki anak binaan belasan orang mereka rata - rata anak masa pendidikan sekolah dasar. Selain memberikan materi lingkungan mereka juga kami libatkan langsung dengan alam seperti penanaman mangrov, bersih pantai dan kegiatan lainnya," jelas dia.

Dilanjutkannya, pemahaman kepada masyarakat harus diberikan agar tidak mengotori laut. Di laut hidup berbagai macam biota yang harus diselamatkan dari sampah.

Apalagi Sungai Pinang adalah objek wisata. Jika laut kotor pengunjung akan berpikir dua kali untuk datang. 

"Kami berharap semua lapisan masyarakat ikut menjaga laut, laut bukan tempat sampah. Sampah plastik sebagian besar berasal dari ... Baca halaman selanjutnya