Meski Belum Dihisap, Kamu Bisa Didenda Jika Sulut Rokok

"Menurut NEA atau National Environment Agency di Singapura, rokok yang sudah tersulut dapat mengeluarkan asap yang berbahaya bagi kesehatan meski si perokok sama sekali belum menggunakannya."
Ilustrasi (Net)

KLIKPOSITIF -- Larangan merokok di tempat umum memang sudah ditetapkan di Indonesia meski pelaksanaannya belum seratus persen efektif. Tak jarang, kenyamanan ruang publik pun jadi terganggu akibat asap rokok.

Meski begitu, lain halnya dengan negara yang satu ini. Tidak main-main, mereka punya pengawasan yang sangat ketat terhadap kawasan bebas rokok yang ada.

Dilansir dari laman Asiaone, Singapura mengumumkan bahwa kawasan Orchard Road akan segera menjadi kawasan bebas rokok. Pihak berwenang di Singapura sudah menyiapkan sederet tindakan untuk memastikan agar tak ada warga ataupun turis yang melanggar.

Orchard Road sendiri memang dikenal sebagai kawasan yang senantiasa ramai dipadati turis dan warga. Nah, demi kenyamanan mereka, Singapura pun memutuskan untuk membuat Orchard Road ini menjadi kawasan yang benar-benar bersih dari asap rokok.

Salah satu hal yang mereka lakukan adalah menyingkirkan semua area merokok di restoran yang ada di Orchard Road. Sebagai gantinya, Singapura akan menyediakan 40 ruang khusus merokok yang dapat digunakan oleh para perokok. Tidak hanya itu, aturan baru ini menyatakan bahwa memegang rokok yang sudah tersulut di kawasan Orchard Road juga dilarang.

Menurut NEA atau National Environment Agency di Singapura, rokok yang sudah tersulut dapat mengeluarkan asap yang berbahaya bagi kesehatan meski si perokok sama sekali belum menggunakannya.

Sebagai tambahan, Singapura juga akan memasang kamera CCTV di kawasan Orchard Road untuk mengawasi kemungkinan terjadinya pelanggaran.

Turis pun juga akan diingatkan mengenai kawasan bebas rokok di Orchard Road ini melalui informasi yang dibagikan di Changi Airport, Singapore Cruise Centre, dan Marina Bay Cruise Centre.

Jadi, buat kamu yang merokok dan mau berkunjung ke Singapura khususnya Orchard Road, jangan sampai melanggar aturan baru ini, ya!