Jaga Stabilitas Harga, Bulog Sumbar Siapkan Belasan Ribu Ton Beras Untuk 2019

"beras tersebut akan dijual dengan harga Rp8.600 per kilogram untuk beras medium dan Rp9.600 per kilogram untuk beras premium."
Ilustrasi (KLIKPOSITIF)

PADANG, KLIKPOSITIF-- Perum Bulog Sumatera Barat menyiapkan sebanyak 100 ton beras setiap hari di beberapa pasar besar yang tersebar didaerah ini, untuk operasi pasar yang dimulai sejak 3 Januari 2019 hingga akhir tahun demi menjaga stabilitas harga kebutuhan pokok tersebut.

"Kami menyiapkan sebanyak 15 ribu ton beras untuk disalurkan di beberapa pasar besar seperti Pasar Raya Padang, Pasar Siteba, Pasar Lubuk Buaya, Pasar Bawah di Bukittinggi dan Pasar Tradisional di Solok," Kepala Divre Bulog Sumbar Suharto Djabar, Kamis (3/1).

Menurutnya, beras tersebut akan dijual dengan harga Rp8.600 per kilogram untuk beras medium dan Rp9.600 per kilogram untuk beras premium.

Ia mengatakan bahwa pihaknya melakukan operasi pasar tersebut atas perintah dari presiden Republik Indonesia beberapa waktu lalu.

"Kalau nanti bapak presiden sudah menyatakan berhenti untuk operasi pasar ini, baru kami akan menghentikan, jika masih belum, ini akan tetap dilakukan hingga akhir tahun," lanjutnya.

Ia mengatakan bahwa pasokan untuk operasi pasar yang dilakukan tersebut akan cukup, jika tidak, pihaknya akan menambah sebanyak 10 ribu ton lagi nantinya.

"Kalau jumlah 15 ribu ton ini tidak cukup, nanti akan kami tambah lagi dengan pasokan yang ada di pulau jawan," sambungnya.

Menurutnya, meskipun saat ini pihaknya hanya melakukan operasi di pasar besar saja, tidak akan tertutup kemungkinan untuk melakukan di pasar tradisional lainnya.

"Kalau pasar tradisional seperti di daerah Pariaman juga membutuhkan, nanti kami juga akan mengirim pasokan ke sana," lanjutnya.

Dengan begitu, ia berharap pasokan beras untuk Sumatera Barat tidak berkurang selama tahun 2019. "Untuk beras yang menjadi pasokan kami ini adalah beras dari Vietnam, Lampung dan dari Pulau Jawa," tutupnya. [Halbert Caniago]