Pemko Sawahlunto Bantu Pelajar yang Lulus Perguruan Tinggi

Kepala Dinas Pendidikan saat menyerahkan bantuan
Kepala Dinas Pendidikan saat menyerahkan bantuan (Ist)

SAWAHLUNTO, KLIKPOSITIF -- Sebanyak 107 pelajar yang lulus perguruan tinggi mendapat bantuan dari Pemerintah Kota (Pemko) Sawahlunto. Program bantuan tersebut, didasari Peraturan Walikota (Perwako) Nomor 50 Tahun 2018, tentang Pemberian Penghargaan Kepada Siswa/Siswi Lulusan SMA/SMK/MA di Kota Sawahlunto Yang Diterima di Perguruan Tinggi Negeri/Perguruan Tinggi Swasta Yang Terakreditasi A dan B.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Sawahlunto , Deswanda mengatakan, semula, kuota bantuan yang disediakan mencapai sebanyak 200 pelajar, namun setelah melalui tahap verifikasi, hanya 107 pelajar ini yang berhak menerima.

baca juga: Pemko Padang Siapkan Rencana PBM Saat New Normal

Ke 107 pelajar ini, lanjut Deswanda, mendapat bantuan masing-masingnya sebesar Rp1 juta, kemudian sesuai regulasi, terlebih dahulu dipotong pajak penghasilan (PPH) sebesar 15%. Sehingga kemudian yang diterima masing – masing pelajar yakni sebesar Rp850 ribu," katanya di Sawahlunto, Kamis 3 Januari 2018.

Ada beberapa pelajar yang tidak jadi menerima bantuan katanya sesuai regulasi.

baca juga: Pendaftaran Murid Baru Tingkat SD di Kota Padang Mulai 11 Juni, ini Syarat dan Caranya

"Namun memang murni karena tidak sesuai dengan regulasi, peraturan yang berlaku. Ini anggaran negara, tentu untuk memberikannya pun kita harus mematuhi regulasi negara tersebut," ungkapnya.

Pemberian bantuan tersebut, dimaksudkan untuk memberikan motivasi kepada para pelajar yang di perguruan tinggi dan mewujudkan kompetensi sumber daya manusia (SDM) melalui peningkatan kualitas pendidikan .

baca juga: Pendaftaran SMP di Padang Dimulai 17 Juni, Ini Syarat dan Caranya

Dari data Dinas Pendidikan Kota Sawahlunto , penerima bantuan tersebut didominasi pelajar yang diterima di Universitas Andalas dan Universitas Negeri Padang. Sementara untuk Perguruan Tinggi Swasta juga ada, seperti Universitas Putra Indonesia (UPI), STKIP PGRI, Universitas Bung Hatta.

Bahkan pelajar yang diterima di Perguruan Tinggi luar Sumbar, yakni Universitas Indonesia, Telkom University, UIN Sultan Syarif Kasim, Universitas Syiah Kuala, Universitas Gajah Mada, Institut Pertanian Bogor, dan lainnya.

baca juga: Siswa di Agam Masih Belajar di Rumah Hingga 20 Juni

Selain bantuan masuk Perguruan Tinggi,
Pemko Sawahlunto sudah menyiapkan beasiswa mahasiswa berprestasi. Realisasinya akan dilaksanakan setelah para mahasiswa selesai ujian dan memperoleh nilai. "Sebab, indeks prestasi kumulatif (IPK) sebagai indikatornya," tutup Deswanda.

[Muhammad Haikal]

Penulis: Rezka Delpiera