Pembangunan Jalan Kambang-Muaralabuh akan Segera Terwujud

"Rencana pembangunan jalan yang menghubungkan dua kabupaten tersebut sudah dibahas dengan pemerintah pusat"
Ilustrasi (Net)

PESISIR SELATAN, KLIKPOSITIF -- Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni mengatakan bahwa pembangunan jalan yang menghubungkan Kambang, Pesisir Selatan dan Muara Labuh, Solok Selatan akan segera terwujud.

Ia menyebutkan, rencana pembangunan jalan yang menghubungkan dua kabupaten tersebut sudah dibahas dengan pemerintah pusat dan akan segera direalisasikan.

"Sekarang kami optimis, namun ada beberapa proses yang harus dilewati," katanya.

Dalam pembangunannya, ia mengungkapkan bahwa ada setidaknya 32 jalan yang akan dibangun melewati Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS), kawasan hutan lindung yang membelah Pesisir Selatan dan Solok Selatan.

"Setelah dikaji hanya tujuh dari 32 tersebut yang lanjut ke tahap berikutnya, didalamnya termasuk rencana jalan tembus Kambang-Muara Labuh," ungkap dia.

Untuk pembangunan nanti, rencananya akan melibatkan konsultan pembangunan dari Meksiko dan pihak dari TNKS sendiri. "Rencana ini sudah dilaporkan ke Presiden, dan beliau merespon dengan baik," ujarnya.

Usai direspon baik oleh Presiden, rencana pembangunan ini juga sempat mendapatkan kajian dari Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya.

"Beliau menanyakan keseriusan kepala daerah mempertahankan dan menjaga eskosistem hutan, ya saya jawab siap, dan beliau juga menanyakan di sana sebelumnya sudah ada jalan atau belum, ya saya jawab sudah, bahkan kakek saya berjalan kaki melewati jalan itu untuk berjualan garam dari Kambang ke Muara Labuh," pungkasnya kemudian.

[Kiki Julnasri Priatama]