Atasi Kemacetan Koto Baru, Tahun Ini Pasar Segera Dibangun

"luas tanah yang dibebaskan sekitar 3.500 meter persegi dan pemerintah daerah sudah menganggarkan biaya pembebaskan lahannya pada tahun anggaran 2019."
Kemcaetan di Koto Baru, Tanah Datar (Youtube)

TANAH DATAR, KLIKPOSITIF -- Pemerintah Kabupaten Tanah Datar mulai tahun ini akan membangun Pasar Kotobaru, Kecamatan X Koto, dalam upaya mengatasi kemacetan yang hampir terjadi setiap hari.

"Pembebasan tanah untuk pembangunan Pasar Kotobaru sudah hampir rampung,," kata Kepala Dinas Koperindag Tanah Datar Marwan di Batusangkar, Senin 7 Januari 2019.

Ia menyebutkan luas tanah yang dibebaskan sekitar 3.500 meter persegi dan pemerintah daerah sudah menganggarkan biaya pembebaskan lahannya pada tahun anggaran 2019.

Sedangkan untuk pembangunan gedung Pasar Kotobaru dananya sudah dianggarkan oleh Pemerintah Provinsi Sumatera Barat sebesar Rp13,6 miliar dan siap dikucurkan ke Pemkab Tanah Datar apabila pembebasan tanah sudah selesai.

"Kita akan melaksanakan lelang untuk pembangunan Pasar Kotobaru pada bulan April 2019 dan diperkirakan pekerjaan selesai pada November 2019," kata Marwan.

Untuk proses izin Amdal lalulintas dan lingkungan dananya sudah tersedia dan pihaknya tinggal menunggu waktu memulai pekerjaan pembangunan pasar ini. (irfan taufik)