Yuk, Nikmati Kopi Lokal di Festival Talamau Mountain Cofee Pasbar

"Festival ini digelar pada 7-10 Januari 2019 "
Kopi lokal di Festival Talamau Mountain Cofee (KLIKPOSITIF/Irfan Pasaribu)

PASAMAN BARAT, KLIKPOSITIF -- Wakil Bupati Pasaman Barat (Pasbar) Yulianto mengatakan Festival Talamau Mountain Cofee yang digelar Pemkab Pasbar pada 7-10 Januari 2019 merupakan event pertama kali yang di gelar di Kabupaten Pasaman.

"Festival kopi ini pertama kali diselenggarakan di Kabupaten Pasaman Barat. Ini terselenggara atas kolaborasi Pemerintah Daerah dan Asosiasi Kopi Pasaman Barat dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun Pasaman Barat yang ke- 15," kata Yulianto usai membuka acara Festival Mountain Cofee di Halaman Kantor Bupati Pasaman Barat, Senin 7 Januari 2019.

Meskipun pertama kali, namun banyak varian kopi lokal Pasaman Barat yang ditampilkan. Tidak kopi lokal saja, berbagai kopi varian dari daerah lain di Sumatera Barat ikut juga ditampilkan.

Bagi nya, bercerita soal kopi sama hal nya bercerita tentang mengenal tanah air Indonesia itu sendiri. Oleh sebab itu, festival ini hadir untuk menampilkan keindahan daerah yang sebagai penghasil kopi, dan aktivitas para petani kopi lokal.

"Semoga orang makin suka minum kopi dan menjadi lifestyle yang diperbincangkan. Saya itu pecandu berat kopi loh," ungkap Yulianto.

Dia menyebut, berkembangnya kopi di Pasaman Barat sudah sejak zaman penjajahan. Belanda sudah mengembangkan dulu nya di Kecamatan Talamau, bahkan jejak-jejak perkebunan kopi nya pun masih ada.

Yulianto berharap, agar para petani kopi dipasaman barat dapat mengembangkan usahanya. Sebab banyak bantuan support dari pemerintah. Bahkan Kemendes juga membantu alat bantu berupa alat panen kopi.

"Pasaman Barat ini salah satu penghasil kopi terbaik di Sumatera Barat. Kopi ini termasuk yang dikembangkan oleh Kementerian Desa, Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi karena usaha lifestyle nya semakin meningkat. Maka, jadikanlah event ini sebagai wadah saling berbagi informasi tentang pola tanam kopi disamping saling mengenalkan produk kopi yang dihasilkan, sehingga dapat berbagi dalam ... Baca halaman selanjutnya