Rayakan HUT Pasbar ke-15, Ratusan Masyarakat Ikut Makan Bajamba

"Makan bajamba adalah tradisi makan masyarakat Minangkabau dengan cara duduk bersama-sama dalam suatu ruangan"
Makan Bajamba di Pasbar. (istimewa)

PASAMAN BARAT, KLIKPOSITIF -- Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat menjamu ratusan masyarakat dengan makan bajamba di Balerong Tuah Basamo Simpang Empat, Senin 7 Januari 2019. Jamuan makan bajamba ini merupakan serangkaian kegiatan dalam memeriahkan Hari Ulang Tahun Kabupaten Pasaman Barat yang ke-15.

Kepala Bagian Hubungan Masyarakat (Kabag Humas) Pasaman Barat, Yosmar Difia menyebut, tradisi makan bajamba ini akan memunculkan rasa kebersamaan tanpa melihat status perbedaan sosial. Semua unsur masyarakat berbaur menjadi satu kesatuan dalam satu ruangan yang merupakan ciri khas adat minangkabau.

"Makan bajamba adalah tradisi makan masyarakat Minangkabau dengan cara duduk bersama-sama dalam suatu ruangan, yang di tengahnya terdapat dulang atau nampan yang berisi beragam makanan khas Tanah Minang," katanya.

Menurutnya, ini sudah merupakan tradisi masyarakat Minang duduk bersama. Selain itu, untuk mengambil sebuah keputusan akan dilakukan musyawarah terlebih dahulu. "Mencari kata sepakat artinya musyawarah, meskipun itu untuk mengambil sebuah keputusan untuk dimulai nya menyantap makana yang terhidang," jelasnya.

Dia pun tak menyangka antusiasme masyarakat Pasaman Barat yang ikut bergabung dalam tradisi ini. "Acara makan bajamba ini bukan hanya istimewa, tapi acara ini sangat luar biasa," tutupnya.

[Irfan Pasaribu]