Polres Tanah Datar Tangkap Pengedar dan Kurir Sabu

" penangkapan kedua tersangka berawal dari adanya kegiatan anggota Satuan Resnarkoba yang melakukan penyamaran bertransaksi dengan pelaku Arif dan ia menyuruh anggota untuk menjemput barang haram itu ke rumahnya"
Barang bukti yang disita Polres Tanah Datar di rumah tersangka Arif. (KLIKPOSITIF/ Irfan Taufik)

TANAH DATAR, KLIKPOSITIF -- Kepolisian Resor Tanah Datar menangkap pengedar dan kurir penyalahgunaan narkotika jenis sabu seberat 10,78 gram, Senin 7 Januari 2019 sekira pukul 18.30 Wib.

"Kedua tersangka kami tangkap saat melakukan transaksi dengan anggota polisi yang menyamar di rumahnya Jorong Kampung Tangah Nagari Pagaruyung Kecamatan Tanjung Emas," kata Kapolres Tanah Datar AKBP Bayuaji Yudha Prajas didampingi Kasat Resnarkoba AKP Syafrinal di Pagaruyung, Selasa 8 Januari 2019.

Kapolres menjelaskan pihaknya menangkap pengedar Agusman Syarif (27), warga Jorong Kampung Tangah Nagari Pagaruyung Kecamatan Tanjung Emas dan temannya yang menjadi kurir, Putra Efendi (20), warga Jorong Ajuang Sungai Dalam Nagari Campago Kecamatan Limo Koto, Kampuang Dalam Kabupaten Padang Pariaman.

Dalam penangkapan itu barang bukti yang diperoleh adalah tujuh paket Sabu yang dibungkus plastik bening seberat lebih kurang 10,78 gram, uang tunai sebesar Rp500 ribu, satu set alat hisap, tiga buah buku catatan hasil penjualan Sabu, dan dua buah gawai.

Kapolres menjelaskan penangkapan kedua tersangka berawal dari adanya kegiatan anggota Satuan Resnarkoba yang melakukan penyamaran bertransaksi dengan pelaku Arif dan ia menyuruh anggota untuk menjemput barang haram itu ke rumahnya.

"Pada saat akan transaksi itulah anggota mengamankan Arif dimana temannya Putra juga sedang berada di rumah tersebut," kata Bayu. Kemudian kedua tersangka dibawa ke Polres Tanah Datar guna proses penyidikan selanjutnya.

Kedua tersangka dijerat Pasal 114 ayat 2 dan Pasal 111 ayat 2 Undang-Undang No. 35 tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman hukuman penjara 6 sampai 20 tahun atau seumur hidup atau hukuman mati.

Sementara itu, Kasubag Humas Polres Tanah Datar Iptu Marjoni Usman menyampaikan sebelumnya pada Rabu 2 Januari 2019 pihaknya juga telah menangkap dua pelaku penyalahgunaan Narkoba yakni Doni Antoni (40), warga Jorong Bulu Kasok ... Baca halaman selanjutnya