Berkonsep Hotel, Pemkab Pessel Kucurkan Dana Miliaran Rupiah untuk Renovasi Ruang VIP RSUD

"rencana renovasi VIP RSUD Painan, diantaranya akan dikembangkan dengan ruangan bangunan yang mewah. Selain itu dilengkapi fasilitas mewah seperti layaknya hotel yang direncanakan memiliki AC"
RSUD M Zain (KLIKPOSITIF/ Kiki Julnasri)

PESSEL, KLIKPOSITIF -- Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat menyediakan anggaran senilai Rp8 miliar untuk merenovasi ruangan VIP Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) M. Zein Painan tahun ini.

"Akan kita realisasikan tahun ini dengan tiga lantai. VIP akan kita khususkan dilantai tiga," kata Direktur RSUD M. Zein Painan, Sutarman kepada KLIKPOSITIF di Painan, Selasa 8 Januari 2019.

Dia menyebutkan, sejauh ini dengan kebutuhan layanan yang tinggi, kapasitas RSUD M.Zein hanya terdiri dari 2 lantai, diantaranya lengkap dengan sejumlah bangsal dan tempat yang masih terbatas.

"Rencana ini sangat direspon bupati. Karena hal ini, mengingat kebutuhan layanan rumah sakit yang maksimal," sebutnya.

Menurutnya, untuk renovasi rumah sakit tahun ini, salah satunya diambil dari hasil badan layanan umum daerah (BLUD). Nominalnya dibagi untuk pengembangan kebutuhan layanan rumah sakit tersebut.

"Rp8 miliar ini, dibangung dari BLUD rumah sakit. Dan konsepnya sudah di siapkan, dari sebelumnya 6 kamar akan bertambah 21 kamar (VIP)," jelasnya.

Kata Sutarman, rencana renovasi VIP RSUD Painan, diantaranya akan dikembangkan dengan ruangan bangunan yang mewah. Selain itu dilengkapi fasilitas mewah seperti layaknya hotel yang direncanakan memiliki AC.

"Konsep hotel, bagaimana ruangan VIP bisa dihuni dengan nyaman dan aman untuk pasien. Dan tentunya proses perawatan yang lebih baik," terangnya.

Kendati demikian, VIP yang saat ini berada dilantai 1, akan dikembangkan menjadi taman rumah sakit. Selain itu, ruang lain rumah sakit yang akan ditempati pasien juga dikembangkan lebih baik lagi.

"Kelas 1 masih tetap, dihuni dua orang per kamar. Begitu dengan ruangan lainnya, untuk kelas 2 akan kita kembangkan lebih baik lagi,"tutupnya. (Kiki Julnasri)