Anggaran Kebencanaan di Limapuluh Kota Meningkat Rp1 Miliar

"Pada 2019 ini total anggaran yang dialokasikan untuk penanganan bencana mencapai Rp3,4 miliar"
Bupati Limapuluh Kota, Irfendi Arbi saat mengunjungi kantor Badan Nasional Pencarian dan Pertolangan (KLIKPOSITIF/Taufik Hidayat Kampai)

LIMAPULUH KOTA, KLIKPOSITIF -- Anggaran penanganan bencana di Kabupaten Limapuluh Kota-Sumbar untuk 2019 mengalami peningkatan yang signifikan dibandingkan tahun sebelumnya. 

Pada 2019 ini total anggaran yang dialokasikan untuk penanganan bencana di daerah tersebut mencapai Rp3,4 miliar. Jumlah tersebut meningkat dibanding anggaran yang disediakan pada 2018 yang hanya Rp2,4 miliar. Ini berarti penigkatan dana kebencanaan itu mencapai Rp1 miliar.

"Untuk BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) anggaran kita Alhamdulillah meningkatkan pada 2019. Ini sebagai bentuk keseriusan Pemkab terhadap penanganan bencana di daerah kita ini," kata Kepala BPBD Kabupaten Limapuluh Kota, Joni Amir saat mengunjungi kantor Badan Nasional Pencarian dan Pertolangan Kabupaten Limapuluh Kota bersama Bupati Limapuluh Kota, Selasa 8 Januari 2019.

Dijelaskannya, untuk 2019 ini BPBD Kabupaten Limapuluh Kota lebih fokus pada mitigasi kebencanaan untuk mengurangi korban yang jatuh ketika bencana terjadi.

"Kita fokus terhadap mitigasi bencana, seperti sosialisasi, simulasi bencana, ada peragaan-peragaan kepada siswa-siswa SMP dan SMA," lanjut Joni Amir.

Sementara itu, Bupati Limapuluh Kota, Irfendi Arbi dalam kunjungan tersebut memberikan apresiasi terhadap petugas Badan Nasional Pencarian dan Pertolangan Kabupaten Limapuluh Kota yang berberan aktif dalam penanganan bencana di daerah tersebut.

"Kita berterimakasih kepada kawan-kawan di kantor Badan Nasional Pencarian dan Pertolangan Kabupaten Limapuluh Kota ini. Karena memang daerah kita ini rawan bencana. Dalam beberapa bencana yang belakangan ini terjadi di Limapuluh Kota, kawan-kawan kita ini langsung turun ke lapangan untuk memberikan bantuan," kata Irfendi Arbi.

Lebih lanjut, politisi PDIP itu menyebut, Pemkab selalu memberikan dukungan terhadap Badan Nasional Pencarian dan Pertolangan. Salah satu bentuk dukungan kita adalah dengan selalu memberikan ... Baca halaman selanjutnya