Ajak Masyarakat Gotong Royong, Wali Kota Payakumbuh Sumbangkan Kambing

"Wali Kota meninjau irigasi Banda Rawang yang kerap meluap saat hujan lebat"
Wali Kota Payakumbuh, Riza Falepi ketika berada di Tanjung Anau, Kelurahan Ompang Tanah Sirah Kecamatan Payakumbuh Utara, Rabu (9/1) (Istimewa)

PAYAKUMBUH, KLIKPOSITIF -- Untuk menanggulangi bencana banjir yang seringkali terjadi di kawasan Tanjung Anau, Kelurahan Ompang Tanah Sirah Kecamatan Payakumbuh Utara, Wali Kota Payakumbuh, Riza Falepi menginstruksikan kepada Dinas PUPR untuk menyediakan anggaran perbaikan untuk memastikan fungsi irigasi bisa maksimal.

Selain itu, Riza Falepi juga meminta kepada warga agar ikut turun tangan dalam menyelesaikan permasalahan banjir ini, salah satunya dengan melakukan gotong royong untuk mengangkat sedimen yang mendangkalkan irigasi.

"Saya bersama Kadis PU,  dan camat sengaja turun ke lapangan, meninjau irigasi Banda Rawang yang kerap meluap ini. Kenapa tiap musim hujan banjir, ternyata sedimennya sudah sangat tebal, ini harus di keruk agar volume air hujan tertampung optimal," ujar Riza Falepi saat meninjau irigasi Banda Rawang, Rabu 9 Januari 2019.

"Saya lihat di beberapa titik bisa diselesaikan melalui gotong royong, dan di beberapa titik lagi diperlukan alat berat untuk bisa mengangkat endapan sedimen berupa material yang masuk ke saluran irigasi.Tolong segera kita agendakan Goro," lanjut Riza.

Dikatakannya, untuk menyemangati warga yang gotong royong, dirinya siap menyumbang satu ekor kambing untuk dimasak dan dijadikan santap siang warga.

"Ajak warga Goro pak Camat, saya siap turun, nanti kita bantu kambing agak satu ekor untuk dimasak. Makan gulai kambiang basamo kito habis goro (makan gulai kambing bersama kita habis gotong royong)," ujar Walikota disambut anggukan camat.

Sementara terkait anggaran perbaikan saluran, Kepala Dinas PUPR Kota Payakumbuh, Muslim mengaku akan segera menganggarkan sesuai dengan instruksi orang nomor satu di Payakumbuh.

[Taufik Hidayat Kampai]