Menpar Dukung BRI Mandeh Run 2019 di Pessel

"Event ini bertujuan mempromosikan Kawasan Wisata Mandeh ke mancanegara"
Foto bersama (Istimewa)

JAKARTA, KLIKPOSITIF -- Kawasan Mandeh di Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar), kini telah menjadi wisata favorit. Bukan sekedar bagi pelancong, keindahan gugusan pulau dan beningnya laut juga dapat dinikmati para atlet lari.

Pasalnya, Bank Rakyat Indonesia (BRI) berencana akan menghelat lomba lari pada awal Maret nanti. Bertajuk BRI Mandeh Run 2019, kegiatan yang mendapat restu Kementerian Pariwisata ini direncanakan akan diikuti 2.000 pelari, dari dalam dan luar negeri.

Komisaris Utama BRI, Andrinof A Chaniago mengatakan, event ini bertujuan mempromosikan Kawasan Wisata Mandeh ke mancanegara lewat sebuah event olahraga yang mengandung unsur rekreasi.

"Alhamdulillah, kebetulan jalan aspal mulus sepanjang 43 kilometer di Kawasan Mandeh baru saja selesai. Prasarana ini harus kita manfaatkan secara optimal. Salah satunya dengan membuat event lomba lari yang mengandung sifat rekreasi," kata Andrinof A Chaniago, usai bertemu Menteri Pariwisata, Arief Yahya, Rabu 9 Januari 2019 di kantor Kementerian Pariwisata.

Menurutnya, panitia akan melombakan tiga kelas atau kategori, yakni kelas 5K, 10K, dan 21K. "Jadi para peserta memilih salah satu kategori untuk diikuti. Ada tiga kelas, mulai dari berjarak 5 kilometer hingga 21 kilometer," ungkapnya.

Sementara itu, Menteri Pariwisata, Arief Yahya mengatakan mengingat kawasan wisata terpadu Mandeh merupakan destinasi wisata yang indah, dia meyakini kegiatan akan menjadi acara besar.

"Saya sangat mendukung, tentu ini untuk promosi pariwisata. Ini akan menjadi acara besar. Saya berpesan kepada panitia agar mempersiapkan dengan sebaik-baiknya, mengingat waktu persiapan sangat pendek," pungkasnya.

[Cecep Jambak]