2018, Pemerintah Nagari Kapa Salurkan Bantuan Listrik Gratis pada Warga Miskin

"Program bantuan listrik gratis itu diprioritas kan kepada mayoritas warga miskin yang ada di Kenagarian Kapa"
Survei ke masyarakat Nagari Kapa yang membutuhkan akses listrik (Ist)

PASAMAN BARAT, KLIKPOSITIF -- Sepanjang Tahun 2018 Pemerintahan Nagari (Desa) Kapa, Kecamatan Luhak Nan Duo, Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) telah menyalurkan bantuan akses listrik gratis sebanyak 50 unit meteran kepada warganya.

"Program bantuan listrik gratis itu diprioritas kan kepada mayoritas warga miskin yang ada di Kenagarian Kapa. Sumber dana bantuan itu dibayar kan dari Alokasi Dana Nagari (ADN), yakni sebesar Rp 150 juta," kata Kepala Urusan Pembangunan Nagari Kapa, Ramlan, Kamis 10 Januari 2019 kepada KLIKPOSITIF di Kantor Nagari Kapa.

Ini merupakan salah satu program Pemerintahan Nagari Kapa, karena masih banyak warga miskin di nagari kapa yang belum dapat menikmati penerangan. Berdasarkan data kabupaten tahun 2011 tidak bisa lagi dipergunakan sebagai rujukan. Sebab pendataan yang dilakukan oleh pemerintahan nagari sendiri menemukan ada sebagian warga yang masih hidup di bawah garis kemiskinan.

Bandingkan saja dengan tahun 2017 yang hanya 25 warga miskin yang dibantu. Berarti ada kenaikan sekitar 50 persen bantuan yang dilakukan di tahun 2018. Kita akan tetap terus berupaya secara bertahap, memenuhi akses listrik bagi warga yang belum tercover," tuturnya.

Namun yang menjadi kendala, karena keterbatasan anggaran. Pasalnya, Alokasi Dana Nagari (ADN) yang ada, harus dibagi dengan kegiatan lainnya. Namun kita tetap optimis hal itu teratasi. Sebab itu merupakan salah satu program utama pemerintahan nagari kapa di tahun ini," jelas Ramlan.

Sementara itu Ketua Badan Musyawarah (Bamus) Nagari Kapa, Samsiwan Rangkayo Mudo mengatakan, alokasi bantuan listrik kepada 50 rumah warga miskin yang dilakukan Pemerintah Nagari Kapa pada tahun 2018 memang itu terobosan yang ... Baca halaman selanjutnya